Pemberian Insentif Mulai Dicermati

Di tengah munculnya sejumlah kasus pemutusan hubungan kerja, capaian penerimaan pajak penghasilan karyawan atau PPh 21 masih tumbuh signifikan. Namun, kinerja pajak semata bukan patokan bahwa kondisi sektor riil masih aman dari efek pelambatan ekonomi global. Data Kementerian Keuangan menunjukkan, sepanjang Januari-Oktober 2022, realisasi penerimaan pajak secara umum mencapai Rp 1.448,2 triliun, tumbuh 51,8 persen secara tahunan (year on year) dan telah mencapai 97,5 persen dari target. Penerimaan pajak penghasilan karyawan (PPh 21) menyumbang 9,9 persen dari total realisasi pajak pada periode tersebut. Pph 21 tercatat tumbuh 21 persen secara tahunan, naik signifikan dibandingkan pertumbuhan 2,7 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya. Meski demikian, pertumbuhan PPh 21 tidak bisa dijadikan patokan bahwa kondisi sektor riil saat ini masih aman dari efek pelambatan ekonomi global. Menurut Peneliti Center of Macroeconomics and Finance di Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Abdul Manap Pulungan, Minggu (22/11/2022), ada dua faktor yang membuat pertumbuhan pajak masih terkesan tinggi di tengah pelambatan ekonomi dan fenomena PHK. Pada kenyataannya, Abdul menegaskan, meski pajak tumbuh kuat, pemutusan hubungan kerja (PHK) tetap terjadi. Abdul mengatakan, solusi kebijakan insentif dari pemerintah tidak cukup hanya yang berjangka pendek. Sebab, problem di sektor TPT sudah menahun, terutama akibat faktor kalah bersaing dengan produk tekstil impor. Insentif yang bisa diberikan, antara lain, memberikan pengurangan pajak (super deduction tax) untuk perusahaan yang rentan terpukul efek pelambatan ekonomi global. Selain itu, restrukturisasi kredit untuk meringankan beban utang perusahaan di sektor padat karya, serta memaksimalkan serapan belanja pemerintah untuk menciptakan pasar di dalam negeri.


Kompas hlm 11, Kontan hlm 2

Berita Sinar Mas
Unit Usaha APP Sinar Mas Raih Penghargaan Tertinggi Kemenperin

Dua unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT OKI Pulp & Paper Mills (OKI Pulp & Paper) dan PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk (IKPP - Tangerang Mills) meraih penghargaan Industri Hijau Berkinerja Terbaik dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Komisaris Utama PT OKI Pulp & Paper Suhendra Wiriadinata dan Head of Sustainability PT IKPP - Tangerang Mills Kholisul Fatikhin menerima penghargaan Industri Hijau Berkinerja Terbaik ini dari Direktur Jenderal Kemenperin Putu Juli Ardika di Gedung Kemenperin, Jakarta, Jumat. Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat launching penghargaan Industri Hijau April 2022 mengatakan penghargaan industri hijau ke-12 ini merupakan upaya pemerintah untuk membantu perusahaan industri menerapkan prinsip-prinsip sustainability atau keberlanjutan.  Dengan begitu, segala bentuk kegiatan industri bisa memperhatikan dampak terhadap lingkungan. “Kita melakukan program ini tidak lain dari upaya kita untuk memfasilitasi dan membantu industri. Mereka (industri) juga bagian penting dan utama bagi upaya kita untuk melestarikan lingkungan,” katanya. Komisaris Utama PT OKI Pulp & Paper yang juga Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan penghargaan ini merupakan pencapaian yang diraih APP Sinar Mas atas Praktik Bisnis yang berkelanjutan, sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030. Dalam visi itu, APP Sinar Mas bersama mitra-mitra pemasoknya berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dalam proses produksinya hingga 30 persen. “Kami menyambut baik penghargaan yang diberikan Kemenperin ini. Kami percaya dengan terus mempromosikan dan menerapkan pentingnya praktik industri yang berkelanjutan, selain menjaga kelestarian lingkungan, juga mampu meningkatkan daya saing industri Indonesia di pasar global,” kata Suhendra.

Antara


Grand City Hadirkan Destinasi Kuliner Terbaru di Balikpapan

Sinar Mas Land melalui Grand City Balikpapan menghadirkan Grand City Food Center yang berlokasi di Jalan Sinar Mas Land Boulevard pada Sabtu, 26 November 2022. Grand City Food Center ini diproyeksikan untuk menjadi destinasi kuliner baru bagi masyarakat di Kota Balikpapan. Dibangun di atas lahan seluas 1 hektare, sudah ada 58 tenant terdiri dari 30 kios dan 28 food stall yang bergabung di Grand City Food Center dengan skema kepemilikan sewa (lease). Nantinya, pusat kuliner ini juga akan terkoneksi langsung ke arah danau buatan seluas 6 hektare di kawasan Grand City dengan kedalaman hingga 4 meter serta dilengkapi dengan area parkir yang aman dan luas hingga dapat menampung ratusan unit kendaraan. CEO East Indonesia Sinar Mas Land, Franky Najoan mengatakan, Grand City Food Center ini diharapkan dapat menambah retribusi Pendapatan Aset Daerah serta menjadi bagian dari wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. "Grand City Food Center menghadirkan pilihan kuliner yang beragam khas Balikpapan maupun masakan Nusantara dengan tempat penataan yang indah dan nyaman untuk berkumpul bersama teman dan keluarga," ujar Franky Najoan dalam keterangan tertulisnya, Minggu 27 November 2022. Saat ini, Sinar Mas Land tengah memasarkan produk residensial terbarunya bernama Cheville di kawasan tersebut. Produk residensial ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp800 juta dengan pilihan dua tipe rumah.

Harian Terbit, Kompas, Kontan Press Release, Tribun News


Eksklusif Franky Widjaja: Hilirisasi dan UKM Kunci RI Jadi Negara Maju

Hilirisasi dan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM menjadi kunci bagi Indonesia menjadi negara maju pada 2045. Jika hilirisasi berhasil dan UMKM dapat berkembang pesat, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor 5 di dunia. Hal itu dikatakan Board Member Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja, saat diwawancara khusus oleh Katadata.co.id di sela-sela perhelatan B20 Summit di Nusa Dua, Bali, belum lama ini. Franky mengapresiasi terhadap gerakan nasional yakni program UMKM naik kelas yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 3 Oktober 2022. Franky juga mengatakan, pertumbuhan Indonesia sangat pesat dengan program hilirisasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Selain menghasilkan nilai tambah, hilirisasi juga mengundang investasi ke dalam negeri. "Kalau hilirisasi kan fondasinya. Nah UMKM ini yang membuat pertumbuhan ekonominya menjadi lebih merata," ujarnya.

KataData


Misi Kemanusiaan ERG Berau Coal ke Cianjur

PT Berau Coal meraih second overall winner, setelah memenangkan 3 kategori lomba dari 8 kategori di ajang Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) ke 19 tahun 2022. Event itu digelar di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kota Banyuwangi, Jawa Timur, yang digelar pada 13-22 November. Adapun 3 kategori tersebut yakni, juara 1 lomba firefighter competency test (FCT) dan firefighter fitness drill (FFD). Serta runner up pada kategori high angle rescue (HAR). Lomba itu juga diikuti dari berbagai tim emergency response perusahaan. Manager Tim Emergency Response Berau Coal, Andi Henry Achmad mengatakan, event ini merupakan kegiatan tahunan. Yang di mana, kali ini penyelenggaranya adalah PT Bumi Sukses Indo (BSI), dan diikuti 24 peserta, yang berasal dari seluruh tambang mineral batu bara, dan 1 perusahaan migas dari Pertamina. Di sisi lain, setelah penutupan acara tersebut, Kepala Inspektur Tambang dari Kementerian ESDM, mengutus tim emergency response, tak terkecuali dari Berau Coal untuk melakukan misi kemanusiaan di Cianjur. Andi kemudian berkoordinasi dengan kepala teknik tambang Berau Coal, agar dapat mengatur tim Berau Coal untuk terjun ke lokasi. Adapun lama dan tidaknya keberadaannya mereka di Cianjur, tergantung dari keputusan Kementerian ESDM. “Saya membawa 7 personil, 1 paramedik, dan 2 tenaga bantuan support atau driver. Kami, juga membawa berbagai peralatan yang digunakan untuk mengevakuasi korban,” ungkapnya.

Nomor Satu Utara, Berau Post


Kylie Suyoto Kwok Ingin Ikuti Jejak Lindswell Raih Prestasi Internasional

Atlet taolu asal Sasana Rajawali Sakti Jakarta, Kylie Suyoto Kwok mendapat kesempatan untuk memperkuat Timnas Wushu Junior Indonesia. Kylie akan tampil pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang akan digelar di ICE BSD Tangerang, 5-10 Desember mendatang. Nama Kylie Suyoto Kwok mengingatkan pecinta olahraga wushu dengan nama atlet andalan Indonesia yang juga ratu wushu dunia, Lindswell Kwok. "Saya memang sangat mengidolakan Lindswell Kwok. Dan, saya juga ingin mengikuti jejaknya meraih prestasi di ajang event internasional," kata Kylie. Pelajar Sinarmas World Academy ini mulai menekuni olahraga wushu sejak usia 6 tahun diajak kedua orang tuanya. Berkat ketekunannya, Kylie telah meraih berbagai prestasi di ajang event tingkat nasional. "Saya sering lihat teman-teman lain ikut kejuaraan dunia dan saya sendiri tidak pernah. Ini kejuaran dunia yang pertama saya ikuti jadi saya ingin melakukan yang terbaik," ujarnya.

Suara Merdeka


Korem 031/WB Gandeng Sinar Mas Agribusiness and Food Latihan Penanggulangan Karhutla

Komando Resor Militer (Korem) 031/Wira Bima (WB) menggandeng Sinar Mas Agribusiness and Food dalam latihan gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. Latihan yang melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, serta Masyarakat Peduli Api ini bertujuan meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. Head of Fire and Pest Management Sinar Mas Agribusiness and Food, Achmad Supriyanto, mengatakan, pihaknya siap bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. “Kami siap untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak demi pencegahan dan penanggulangan karhutla yang semakin baik di Provinsi Riau,” ujarnya. Area perusahaan PT Bumipalma Lestaripersada (BPLP), grup Sinar Mas Agribusiness and Food, dipilih sebagai lokasi latihan. Pada kegiatan yang berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 21 hingga 25 November 2022, Sinar Mas Agribusiness and Food tidak hanya mendukung penyediaan lokasi dan sarana pelatihan, tetapi juga melibatkan Masyarakat Siaga Api (MSA) binaan dan Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) dalam simulasi gabungan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta memberikan sesi materi pelatihan berupa sharing pengalaman terkait sistem manajemen pencegahan dan penanganan karhutla secara terpadu yang dilakukan oleh perusahaan.

Go Riau


Jaringan Saudagar Muhammadiyah dan Bank Sinarmas Syariah Fasilitasi Penyaluran KUR

Sebagai komitmen membangun ketahanan pangan nasional di tengah inflasi, Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) memfasilitasi penyaluran dan pendampingan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah bersama Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah. Ketua Pimpinan Pusat Jaringan Saudagar Muhammadiyah (PP JSM), Bambang Wijonarko dalam keterangannya di Jakarta Rabu (23/11/2022) mengatakan penyaluran dan pendampingan KUR Syariah ini selaras dengan komitmen keberpihakan Muhammadiyah terhadap ekonomi kelas menengah dan bawah. Maka dari itu, KUR Syariah yang difasilitasi oleh JSM tersebut akan fokus pada sektor-sektor pertanian, peternakan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kerja sama dengan pihak Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah dalam penyaluran dan pendampingan KUR Syariah ini, menjadi embrio bagi JSM dalam mendorong lahirnya “Gerakan Ketahanan Pangan Nasional” yang akan diluncurkan oleh PP JSM dalam waktu dekat, sebagai bentuk penguatan & stabilitas ekonomi dari hulu hingga hilir. Apalagi selama ini JSM sudah membangun kemitraan dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) sebuah BUMN di bawah Kementerian Perdagangan. Direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah, Halim mengatakan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah senantiasa mendukung upaya atas pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), penciptaan lapangan kerja, dan memperkuat sektor ekonomi UMKM dengan memberikan fasilitas pembiayaan bagi UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah. “Ini merupakan wujud perseroan dalam memperkuat perkembangan Industri syariah,“ pungkasnya.

Sang Pencerah


Paraga Artamida Beli Saham BSDE Rp 24,2 Miliar

Pemegang saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Paraga Artamida kembali menambah kepemilikan saham BSDE. Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Jumat (25/11/2022), PT Paraga Artamida membeli 26.790.000 saham BSDE dengan harga Rl 912,65 pada 16-23 November 2022. Dengan demikian, pembelian saham BSDE itu sekitar Rp 24,4 miliar. “Tujuan transaksi investasi, status kepemilikan langsung,” tulis Direktur PT Paraga Artamida, Hermawan Wijaya. Setelah transaksi pembelian saham itu, Paraga Artamida genggam 7.354.699.264 saham BSDE dari sebelumnya 7.327.909.264 saham.

Liputan 6, Bisnis Indonesia


Puradelta Lestari Kembangkan Kawasan Industri Khusus Data Center Seluas 2.200 Hektare

Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) kembangkan kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC) seluas ± 2.200 hektare yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan. Pengembangan ini dilakukan di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. GIIC telah memiliki ± 170 tenants di antaranya Suzuki, Hyundai Motors, Mitsubishi Motors, SAIC GM Wuling, Astra Honda Motors, Kalbe, Maxxis, dan Kohler. Nantinya, GIIC akan dikembangkan sebagai zona industri khusus yang didedikasikan untuk data center dengan infrastruktur berteknologi tinggi. “Saat ini, sudah ada 14 tenant data center baik yang lokal maupun berskala global yang telah bergabung di kawasan industri ini, seperti PT Telkom Indonesia Tbk dan Pusat Data Nasional, di mana mereka akan mendirikan hyperscale data center di GIIC – Kota Deltamas,” ujar Direktur dan Sekretaris Perseroan – Tondy Suwanto dalam keterangan resminya, Jumat (25/11). Perseroan membukukan perolehan pra-penjualan (marketing sales) sebesar Rp 1,3 triliun hingga kuartal III-2022. Raihan ini setara 73,8% dari target marketing sales di tahun ini sebesar Rp1,8 triliun. Tercatat, penjualan lahan industri masih menjadi kontributor utama capaian marketing sales tersebut. Direktur Operasional Kota Deltamas – Robertus Satriotomo menambahkan saat ini, demand lahan industri masih cukup tinggi dan didominasi oleh sektor data center. “Permintaan tersebut diiringi dengan masifnya perkembangan teknologi dan digital di Indonesia sehingga kehadiran data center sangat penting untuk menunjang kebutuhan hidup masyarakat,” tutupnya.

Kontan hlm 10


Peduli Korban Banjir, PT SKU Serahkan Bantuan Kepada Pemdus Bedaro

Bencana banjir beberapa hari yang lalu didusun Bedaro mengetuk hati manajemen PT Satya Kisma Usaha ( SKU ) untuk berbagi meringankan beban warga yang terdampak bencana. Jumat ( 25/11/2022) perusahaan perkebunan sawit Sinar Mas ini memberikan bantuan berupa beras dan mie instan. Secara simbolis Mohamad Akbar, Humas PT SKU menyerahkan bantuan kepada A. Musa Rio (Datuk Rio red) Kepala Dusun Bedaro Kecamatan Muko – Muko Bathin VII. Bantuan sosial yang kita berikan ini berupa beras, lebih kurang sebanyak 1,5 ton ditambah 75 dus mie instan. Semoga bantuan ini dapat disalurkan kepada yang terdampak musibah banjir kemarin,” ujar Akbar. Sementara Rio mengucapkan terimakasih atas kepedulian pihak PT SKU kepada warganya yang terkena musibah. ”Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih kepada pihak PT SKU yang telah merespon baik apa yang telah kita komunikasi beberapa waktu lalu, hari ini bantuan berupa beras dan mie, secara simbolis sudah kita terima dan nantinya segera kita salurkan kepada rumah rumah yang terdampak banjir sebelumnya,” pungkas Musa sembari menyebutkan terdapat sebanyak 297 KK yang terdampak banjir.

Bungo News, Sidak Post


Sinar Mas Dukung Pemulihan Ekonomi Korban Banjir Kalteng

Sinar Mas Agribusiness and Food bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia perwakilan Sinar Mas mendukung pemulihan ekonomi korban banjir di Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah dengan menyalurkan 584 paket sembako. "Bahkan, selama tiga bulan terakhir, sebanyak 5.134 paket sembako juga telah dibagikan di Kabupaten Seruyan serta Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur," kata CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kalimantan Tengah, Feredy melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Jumat. Pihak perusahaan dan yayasan pun menyalurkan paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula, mie instan, air mineral, kopi, dan camilan untuk mengurangi beban para korban banjir. Curah hujan tinggi yang berlangsung di sebagian wilayah Kalimantan Tengah membuat sejumlah desa terendam banjir, termasuk Desa Asam Baru. Banyak warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari karena aktivitas ekonomi yang terhambat. Feredy mengatakan, bahwa pihaknya adalah bagian dari komunitas warga Kalimantan Tengah yang turut merasakan duka ketika terjadi bencana. Oleh karena itu, rasa kepedulian harus senantiasa dirawat demi meringankan beban satu sama lain. Kepala Desa Asam Baru, Rubianto, merasa bersyukur dengan adanya dukungan dari Sinar Mas Agribusiness and Food dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinar Mas. “Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan simpati yang diberikan untuk warga korban banjir. Dukungan ini sangat bermanfaat bagi kami," katanya. Dia mengatakan bahwa selama tiga tahun terakhir, ketika terjadi banjir, pihak perusahaan dan yayasan senantiasa hadir membantu para korban banjir. Camat Danau Seluluk, Muhammad Khamdani, turut mengapresiasi perusahaan dan yayasan yang selalu menjalin sinergi dengan pemerintah setempat.

Antara, Tribun News


Sinar Mas Land Gelar Healthy Living with Aerium

Sinar Mas Land melalui produk propertinya, Aerium, mengadakan acara Healthy Living with Aerium di kompleks apartemen Aerium, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Acara fun basketball itu merupakan hasil kolaborasi Sinar Mas Land dengan salah satu klub basket ternama di Jakarta, Aras Gading Muda. Adapun kegiatan itu dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih, serta tim basket selebritas Indonesia, yakni Happy Ballers yang beranggotakan Maria Selena, Mario Lawalata, Augie Fantinus, Rico Ceper, dan Richard Insane. Division Head Commercial National Sinar Mas Land Christine Natasha Tanjungan mengatakan, apartemen Aerium yang ditunjang berbagai fasilitas premium memiliki fokus untuk mendukung Kesehatan penghuni serta masyarakat sekitar. Karena itu, Healthy Living with Aerium digelar. Sebelumnya, perusahaan properti itu juga sempat menggelar kegiatan yang memberikan manfaat bagi kesehatan, yakni Doggo Fun Run, Minggu (23/10/2022). “Melalui Healthy Living with Aerium, kami ingin mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. Acara fun basketball day bersama Aras Gading Muda ini digelar sekaligus untuk merayakan anniversary ke-16 klub Aras Gading Muda,” terang Christine dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Kompas


Pelaku Bisnis TV Berlangganan Masih Gencar Ekspansi

Pemain industri tv berbayar masih gencar memacu bisnis. Tahun ini, induk usaha PT First Media Television, yakni PT Link Net Tbk, melakukan ekspansi pasar ke 4 kota baru, yaitu Sukabumi, Sumedang, Subang, dan Purwokerto. Dalam 3-5 tahun mendatang, Link Net berharap dapat menjangkau semua kota besar di Pulau Jawa. Emiten dengan kode saham LINK yang resmi diakuisisi oleh Axiata Group Berhard dan XL Axiata Juni 2022 lalu juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi ke luar Pulau Jawa, terutama Sumatera. Asal tahu, sebelumnya penetrasi pasar LINK sudah menjangkau Kota Medan dan Batam. Di lain pihak, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) juga tidak mau ketinggalan memacu bisnis tv berbayarnya lewat MyRepublic, yakni merek dagang jasa penyediaan internet dan TV berbayar yang dikelola oleh entitas anak tidak langsung DSSA, PT Innovate Mas Indonesia dan PT Eka Mas Republik. Sekretaris Perusahaan DSSA, Susan Chandra mengatakan bahwa MyRepublic akan terus berupaya memperluas jangkauan layanan internet MyRepublic ke kota-kota baru di Indonesia. “Untuk mendukung hal tersebut, di tahun ini MyRepublic telah resmi melakukan pembukaan lebih dari 100 Sales Point of Presence (POP) yang tersebar di seluruh kota jangkauan MyRepublic dan diharapkan akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya kota-kota layanan MyRepublic,” tutur Susan kepada Kontan.co.id, Senin (21/11).

Kontan hlm 12


Perkuat Perdagangan dengan Arab Saudi, Kadin Jatim Ikuti Indonesian Week 2022 di Riyadh

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur mendukung penuh atas upaya percepatan pemulihan ekonomi Jatim melalui peningkatan ekspor ke sejumlah negara, salah satunya dengan Saudi Arabia. Untuk itu, puluhan pengusaha Jawa Timur yang dipimpin oleh Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto bertolak ke Saudi Arabia sejak hari Kamis (24/11/2022) hingga Rabu (30/11/2022) untuk mengikuti pameran "Indonesian Week 2022" di Riyadh dan Misi Dagang dengan Jeddah. "Ada 18 pengusaha dari industri menengah yang ikut, mereka membawa berbagai produk yang potensial untuk diekspor ke Saudi Arabia, diantaranya produk mamin, alat pemadam kebakaran, arang kayu, tepung porang, tepung mocaf, kacang gangsar, serta teh hijau jamus. Selain itu juga ada industri besar dari Jatim yang ikut, diantaranya Kopi Kapal Api, Finna, dan Tjiwi Kimia," ujar Adik Dwi Putranto ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Minggu (27/11). Adik mengungkapkan, pameran ini sangat strategis karena Arab Saudi adalah pasar yang cukup besar dan potensial. Terlebih hampir seluruh produk yang dibutuhkan oleh masyarakat Arab berasal dari impor.

Elshinta


eSIM Smartfren, Digital SIM Pertama di Indonesia

eSIM atau embedded SIM adalah teknologi terbaru yang membuat kartu perdana bisa dipasang di HP atau gadget lain tanpa memakai kartu fisik. Di Indonesia, hanyalah Smartfren yang pertama dan menjadi satu-satunya operator telekomunikasi yang menyediakan eSIM untuk pelanggannya. “Teknologi eSIM ini merupakan terobosan terbaru yang memaksimalkan pengalaman pengguna gadget. Sebagai operator pertama yang meluncurkan eSIM, Smartfren berharap teknologi ini dapat memaksimalkan pengalaman komunikasi pelanggan. Tanpa menggunakan kartu fisik, pelanggan sudah bisa terhubung dan menikmati layanan telekomunikasi terbaik,” kata Hermansyah Arifin, Chief Product and Services Strategy Smartfren, Jumat (25/11/2022). eSIM adalah standar baru yang dikembangkan oleh GSMA dan digunakan di seluruh dunia. eSIM memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan Smartfren ke perangkat tanpa menggunakan kartu SIM fisik. eSIM menyimpan nomor telepon, paket berlangganan, konfigurasi jaringan yang membuat perangkat anda dapat terhubung ke jaringan Smartfren. Bagi pelanggan yang ingin mencoba eSIM Smartfren, kini sudah ada banyak sekali pilihan HP atau gadget yang support eSIM Smartfren, totalnya bahkan mencapai 62 tipe dari berbagai merek.

Kabar Tangsel


Transaksi Dana Meningkat

Aplikasi dompet, digital Dana Indonesia mencatatkan pertumbuhan separyang tahun 2022. Jumlah transaksi harian kini mencapai 13,5 juta atau meningkat sebesar 190% jika dibandingkan dengan tahun 2021. Pada akhir Oktober 2022, Dana Indonesia memiliki lebih dari 123 juta pengguna. Chief of Technology Officer Dana Indonesia, Norman Sasono mengatakan, pemanfaatan teknologi sangat erat kaitannya dengan kepercayaan para pengguna. "Dana Indonesia mengedepankan faktor keamanan dalam ekosistem dan infrastruktur pembayaran digital yang terpercaya dan dapat diandalkan oleh pengguna," kata Norman, akhir pekan lalu. Keamanan dana, data, dan transaksi pengguna Dana semakin terjamin dengan hadirnya penggunaan teknologi keamanan, mulai dari PIN hingga teknologi verifikasi wajah. Dana Indonesia memiliki 900 pekerja. Dari jumlah itu lebih dari 64% di antaranya adalah engineer.

Kontan hlm 10


Agribisnis & Pangan
Kebijakan Rasio Hak Ekspor CPO Tidak Berubah

Ketentuan rasio kuota hak ekspor produk minyak sawit mentah (crude palm oli/CPO) dan produk turunannya dipastikan tidak ada perubahan. Ketentuannya tetap sebesar delapan kali dari besaran hasil validasi terhadap pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) untuk CPO dan/atau minyak goreng yang dilaporkan melalui Simirah (sistem informasi minyak goreng curah). kebijakan tersebut tidak ada perubahan sama sekali yaitu tetap 1:8. Pemerintah pun belum berencana melakukan perubahan menjadi 1:9 atau perubahan lainnya. Aturan tersebut juga diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Penerapan Rasio Pengali sebagai Dasar Penetapan Hak Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached, And Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached, And Deodorized Palm Olein, dan Used Cooking Oil yang mulai berlaku sejak 1 November 2022.Dalam aturan itu disebutkan ketentuan rasio kuota hak ekspor CPO dan produk turunannya yang saat ini berlaku sebesar delapan kali dari besaran hasil validasi terhadap pelaksanaan DMO untuk CPO dan/atau minyak goreng yang dilaporkan melalui Simirah, sebagai dasar penetapan hak ekspor crude palm oil, refined, bleached, and deodorized palm oil, refined, bleached, and deodorized palm olein, dan used cooking oil. Didi menegaskan, jika ada perubahan aturan, pasti Kementerian Perdagangan akan menginformasikan secara resmi.

Investor Daily hlm 9


9 Diplomat Bahas Minyak Sawit Berkelanjutan

ara diplomat dari negara-negara Amerika dan Eropa melakukan kunjungan ke Belitung Timur. Mereka berasal dari Chile, Belgia, Norwegia, Peru, Swiss, Ceko, Meksiko, Inggris dan Kolombia. Kedatangan mereka ini bertujuan berdiskusi mengenai minyak sawit Indonesia berkelanjutan yang mana target pasarnya adalah di dua benua tersebut atau lebih dikenal Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Kunjungan itu dilakukan di PT Sahabat Mewah Makmur (SMM) di Dendang pada Kamis (24/11). Mereka disambut langsung oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin dan jajaran serta petinggi PT SMM. Burhanudin menyatakan dukungannya atas kegiatan lapangan dari para tamu asing ini. Menurutnya kunjungan ini merupakan kesempatan yang tepat dan sangat berharga bagi Belitung Timur dalam mendukung keberlanjutan komoditas sawit di Indonesia. "Kami menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan kunjungan lapangan saudara-saudara sekalian ke PT. SMM yang ada di Dendang, Belitung Timur. Momentum ini merupakan salah satu upaya diplomasi ekonomi Pemerintah Indonesia dalam upaya memperluas pasar komoditas sawit secara berkelanjutan di Indonesia," katanya, Jumat (25/11). Yudi Triantoro perwakilan Kementerian Luar Negeri bilang tujuannya mengajak para diplomat ini mengunjungi industri sawit di Belitung Timur karena untuk menunjukkan kepada mereka terkait pengelolaan sawit berkelanjutan di Indonesia. "Berkelanjutan di sini maksudnya industri sawit yang berkontribusi dalam perbaikan lingkungan, perekonomian, serta sosial. Karena negara-negara ini merupakan negara tujuan ekspor sawit Indonesia," ujarnya.

Tribun News


Ekonomi
Wajib Pajak: Kepatuhan Orang Kaya Melambat

Berdasarkan Laporan Tahunan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan 2021, rasio kepatuhan wajib pajak orang pribadi nonkaryawan alias masyarakat superkaya tahun lalu hanya 45,53%, turun dibandingkan dengan capaian pada 2020 yang sebesar 52,44%. Faktanya, jumlah masyarakat kelas atas yang wajib melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan terus meningkat, yakni dari 1,75 juta wajib pajak pada 2020 menjadi 1,85 juta wajib pajak pada tahun lalu. Kalangan pebisnis di Tanah Air memandang, ada banyak kendala yang menyebabkan rasio kepatuhan formal wajib pajak orang pribadi nonkaryawan makin tergerus. Salah satunya adalah belum maksimalnya sosialisasi, pendampingan, hingga pengawasan yang dilakukan oleh petugas pajak. Ketua Komite Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ajib Hamdani mengatakan pendampingan dari petugas pajak amat mendesak mengingat belum seluruh pelaku usaha memahami pola pelaporan SPT Tahunan. Dia memerinci, ada tiga jenis pelaku usaha perihal rasio kepatuhan formal ini. Pertama, masyarakat atau pelaku usaha yang memahami kewajibannya tetapi tidak bisa atau enggan melakukan pelaporan. Kedua, pebisnis yang sepenuhnya mengerti dan memahami pelaporan SPT tetapi merasa tidak mendapatkan manfaat sehingga mengabaikan kewajiban tersebut. Ketiga, pengusaha yang sepenuhnya tidak paham. “Jenis kelompok yang terakhir ini yang paling banyak ditemui di lapangan,” kata dia kepada Bisnis, Minggu (27/11). Manajer Riset Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar menambahkan, risiko ketidakpatuhan memang cukup besar pada kelompok wajib pajak orang pribadi nonkaryawan. Penyebabnya, ada banyak skema dan perencanaan pajak yang berpotensi menyulitkan pemerintah dalam mendeteksi penghasilan dari masyarakat kelas atas, apalagi praktik pelaporan SPT jenis ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan wajib pajak karyawan.

Bisnis Indonesia hlm 3


Energi
Tak Ganggu Kebutuhan Pangan Lokal, Minyak Sawit untuk Biodiesel Perlu Terus Dikembangkan

Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) menyatakan penggunaan minyak sawit untuk biodiesel di dalam negeri tidak mengganggu pasokan komoditas tersebut untuk memenuhi kebutuhan produksi pangan. Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan menjelaskan banyak yang bertanya bagaimana ketersediaan stok minyak sawit untuk memenuhi kebutuhan produk pangan karena ada kekhawatiran mandatori mengancam pangan. "Di dalam negeri, konsumsi minyak sawit untuk biodiesel tidak mengganggu kebutuhan produk pangan," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/11/2022).. Dia menjelaskan, pengembangan biodiesel di Indonesia sudah berjalan semenjak 17 tahun lalu yang ditujukan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan lingkungan. "Ada tiga tujuan yang ingin dicapai di awal pengembangan biodiesel yaitu ketahanan energi, penciptaan lapangan kerja, dan lingkungan," ujarnya. Terkait hal itu, Paulus saat menjadi pembicara di Paviliun Indonesia dalam COP27, Sharm el Sheikh- Mesir pada pekan kedua November 2022 memaparkan nilai tambah yang diterima masyarakat dari aspek ekonomi dan lingkungan dari penggunaan biodiesel di Indonesia. Dikatakannya, kapasitas produksi biodiesel Indonesia mencapai 17,14 juta Kiloliter, yang sebagian besar berada di wilayah barat Indonesia. Mandatori biodiesel berkontribusi mengurangi emisi karbon 22,48 juta ton CO2 ekuivalen pada 2020. Kontribusi ini terus meningkat pada 2021 yang mencapai emisi 25,43 juta ton CO2 ekuivalen.

Investor Daily, Antara, Investor Daily hlm 8, Kontan, Republika


Pemerintah Siapkan Insentif Proyek DME

Pemerintah menyiapkan sejumlah insentif bagi proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME). Payung hukum insentif tersebut saat ini dalam tahap harmonisasi antar kementerian. Namun ada pula insentif yang menunggu selesainya revisi Undang-Undang Cipta Kerja. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan payung hukum berupa Peraturan Presiden tentang penyediaan, pendistribusian dan penetapan harga DME. Rancangan Perpres itu antara lain berisi harga DME mengikuti ketentuan di sektor minyak dan gas bumi. Insentif berikutnya, kata Arifin, pengurangan tarif royalti batu bara secara khusus untuk gasifikasi batubara hingga 0%. Hanya saja insentif ini terganjal UU Ciptaker. Dalam rapat dengar pendapat Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Kamis (24/11) kemarin, MIND ID mengusulkan pasokan batu bara untuk program DME mendapatkan subsidi dalam bentuk mekanisme BLU yang sedang dibentuk pemerintah. Proyek gasifikasi batu bara menjadi DME digarap oleh PTBA, PT Pertamina (persero), dan Air Products. Dalam proyek gasifikasi batu bara ini PTBA menjadi pemasok batu bara dan Pertamina sebagai penyerap (offtaker) DME. Sedangkan Air Products sebagai investor dengan nilai investasi berkisar US$ 2,1 miliar. Proyek gasifikasi ini berada di Muara Enim, Sumatera Selatan. Program mengubah batu bara menjadi DME digunakan sebagai alternatif pengganti LPG. Dari 6 juta ton batu bara kalori rendah mampu menghasilkan 1,4 juta ton DME. Selain itu mampu menghasilkan 300.000 ton Methanol, dan 250.000 ton Methanol Ethylene Glycol (MEG).

Investor Daily hlm 10


Indonesia Harus Bentuk Komisi Nasional untuk Berhentikan PLTU Batu Bara

Manager Program Transformasi Energi, Institute Essential Services Reform (IESR), Deon Arinaldo, mengatakan, Pemerintah Indonesia harus membentuk komisi nasional atau gugus tugas. Deon dalam keterangan pers diterima pada Minggu (27/11), menyampaikan, pembentukan komisi atau gugus tugas tersebut agar kebijakan penghentian operasional PLTU batu bara, khususnya miliki pembangkit swasta (IPP) pada 2040 bisa diwujudkan dengan menerapkan prinsip berkeadilan. “[Pembentukan] komisi nasional atau gugus tugas melibatkan lembaga pemerintah terkait pada akhir tahun ini,” katanya. Komisi atau gugus tugas ini, lanjut Deon, mempunyai tugas, antara lain menilai secara komprehensif daftar PLTU yang berpotensi untuk segera dipensiunkan serta melakukan negosiasi ulang dengan produsen listrik swasta. Ia menambahkan, negosiasi kontrak PLTU antara PLN dan produsen listrik swasta harus dimulai dengan mempertimbangkan potensi biaya tambahan tanpa membahayakan iklim investasi di Indonesia. “Pemerintah perlu pula menilai mekanisme pembiayaan yang sesuai untuk mempensiunkan pembangkit listrik tenaga batu bara yang dimiliki oleh produsen listrik swasta.

Gatra, Gatra


Finansial
Penerapan PSAK 74 Percepat Konsolidasi Industri Perasuransian

Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 74: Kontrak Asuransi, menjadi langkah awal terjadinya konsolidasi di industri perasuransian. Berkaitan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi merger, akuisisi, dan pengembalian lisensi akan mulai terjadi tahun 2025 atau 2026. Kepala Departemen Pengawasan IKNB OJK 2A Ahmad Nasrullah mengungkapkan, perusahaan asuransi patungan (joint venture/JV) diharapkan bisa mulai paralel run pada 2023, menyesuaikan kantor pusat regional kantor pusat (headquarter) masing-masing. Dia menyatakan, dengan jumlah perusahaan yang ideal, maka industri juga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dengan kondisi keuangan yang sehat. Selain itu, iklim kompetisi pun dipercaya lebih sehat yang pada akhirnya akan tercipta industri yang lebih efisien. PSAK 74 ini sudah harus secara serentak diimplementasikan pada 1 Januari 2025. Artinya, ada tenggat dua tahun untuk industri perasuransian mempersiapkan pengakuan akuntansi ini. Tenggat kesepakatan ini lebih lambat dari adopsi International Financial Reporting Standards (IFRS) 17 yang berlaku pada 1 Januari 2023. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Hastanto Sri Margi (HSM) Widodo menerangkan, implementasi PSAK mengusung konsep contractual service margin. Sehingga ketika pertama kali perusahaan melakukan konversi pembukuan, portofolio yang ada saat ini dikumpulkan dan dihitung, mulai dari sisa arus kas sampai besaran cadangannya.

Investor Daily hlm 22


Oktober, Kredit Korporasi Tumbuh 14%

Bank Indonesia (BI) mencatat, penyaluran kredit korporasi pada Oktober 2022 tumbuh 14% (yoy) dengan outstanding mencapai Rp 3.258,8 triliun atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang naik 12,7% (yoy). Sementara itu, kredit perorangan meningkat 10,4% (yoy) mencapai Rp 3.007,5 triliun atau lebih tinggi dari September 2022 yang sebesar 10,3% (yoy). Data tersebut menunjukkan, outstanding total penyaluran kredit industri perbankan hingga akhir Oktober 2022 mencapai Rp 6.314,4 triliun atau tumbuh 11,7% secara tahunan (year on year/yoy). Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari bulan sebelumnya tumbuh 10,8% (yoy). Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan penyaluran kredit Oktober 2022 terutama terjadi pada krediinvestasi (KI) yang tumbuh 14,2% (yoy) mencapai Rp 1.642,3 triliun, lebih tinggi dari bulan sebelumnya 10,2% (yoy). Pertumbuhan terutama didorong oleh kredit investasi sektor pertambangan dan penggalian, serta industri pengolahan. Sementara itu, data BI mencatat kredit modal kerja (KMK) tumbuh stabil 12,2% (yoy) pada Oktober 2022 mencapai Rp 2.876,8 triliun. Pertumbuhan KMK bersumber dari KMK sektor perdagangan, hotel, restoran (PHR) yang tumbuh sebesar 9,7% (yoy) setelah bulan sebelumnya naik 9,3% (yoy).

Investor Daily hlm 23


Penjelasan Menkes soal BPJS Orang Kaya: Asuransi Swasta yang Terkoneksi BPJS Kesehatan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklarifikasi pernyataannya soal orang kaya tidak boleh pakai BPJS. Pernyataan Budi saat rapat dengan DPR pekan lalu itu, banyak dikritik masyarakat. Budi menjelaskan, sistem pelayanan dan penganggaran di BPJS Kesehatan harus didesain lebih baik supaya dapat memberikan layanan yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia. “BPJS harus bisa melayani seluruh masyarakat Indonesia. Idealnya BPJS harus menjangkau 270 juta rakyat Indonesia siapapun dia. Hanya saja BPJS harus didesain dengan baik, apa yang dijangkau apa kewajibannya,” kata Budi pada akhir pekan lalu, dikutip dari Antara, Senin (28/11/2022). Ia menyebut “BPJS bagi orang kaya” dalam rapat bersama Komisi IX DPR pada Selasa (22/11) lalu, bukan berarti meminta BPJS untuk tidak melayani ataupun melayani kebutuhan masyarakat yang tergolong kaya. Melainkan, pemerintah bersama dengan BPJS memiliki prioritas untuk menanggung biaya layanan tambahan bagi masyarakat yang tergolong miskin, dalam situasi yang memang benar-benar membutuhkan. Budi mencontohkan dalam mengakses obat-obatan generik misalnya, masyarakat yang dirasa masih mampu tetap dapat ditanggung oleh BPJS. Namun, jika yang ingin diakses merupakan pengobatan non-generik maka kebutuhannya tidak ditanggung oleh negara lagi.

Kompas


Industri
Menanti Manuver Kebijakan Upah

Ruang kerja gubernur di seluruh Indonesia pada hari ini, Senin (28/11), bakal lebih sibuk dari biasanya. Alasannya, 28 November 2022 merupakan batas waktu pengumuman penyesuaian upah minimum provinsi (UMP) 2023 setelah sempat diundur dari seharusnya pada 21 November 2022. Untuk upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang sebelumnya paling lambat 30 November 2022 juga diundur menjadi paling lambat 7 Desember 2022. Dewan Pengupahan terdiri atas unsur pemerintah, serikat buruh, asosiasi pengusaha dan unsur akademisi. Ketua bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Antonius J. Supit menyatakan pengusaha sepakat segera mengajukan uji materiil terhadap Permenaker No.18/2022 ke Mahkamah Agung (MA). Denny Indrayana, kuasa hukum asosiasi pengusaha, meminta Presiden Joko Widodo dan Menaker Ida Fauziyah menunda implementasi penyesuaian upah minimum 2023. Dia juga berharap seluruh kepala daerah tidak menggunakan Permenaker 18/2022 sebagai dasar penetapan upah tahun depan. “Guna menghindari gugatan pembatalan penetapan upah minimum ke Pengadilan Tata Usaha Negara, disebabkan Permenaker 18/2022 yang bertentangan dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi tersebut,” ujar Denny dalam keterangan persnya, Jumat (25/11). Menurutnya, Permenaker 18/2022 bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi antara lain UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan jo UU No. 11/2020, Putusan Mahkamah Konstitusi No. 91/2020 tentang Pengujian UU Cipta Kerja, dan PP No. 36/2021. Dia beralasan Permenaker 18/2022 disusun tanpa partisipasi publik yang seharusnya serta penerbitan beleid itu menjelang ujung masa penetapan upah minimum 2023, serta menimbulkan ketidakpastian hukum yang memperburuk iklim usaha.

Bisnis Indonesia hlm 1 dan 3, Bisnis Indonesia hlm 7, Investor Daily hlm 6


Lingkungan
Jalan Senyap Para Pejuang Lingkungan

Upaya mereka mulai dari melindungi satwa dari kepunahan, merehabilitasi pesisir yang hancur akibat eksploitasi tambak, hingga memberdayakan masyarakat di kawasan pesisir. Tidak jauh dari hiruk pikuk Jakarta, Daman (51) lebih dari satu dekade menjadi pelindung bagi lutung jawa (Trachypithecus auratus) di hutan mangrove di Desa Muara Bendera, Kecamatan Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat. Kecintaannya pada binatang membuatnya berani menghadapi pemburu bersenapan dan warga sekitar yang mengusik lutung. ”Kadang sampai mau berkelahi. Saya tidak takut karena dari kecil saya sayang binatang. Saya paling tidak suka ada orang menyiksa, apalagi membunuh hewan,” ucapnya, Minggu (27/11/2022). Konsistensi dan keteguhan hati Daman menuai kepedulian dari warga. Mereka akhirnya turut menjaga kelestarian lutung. Populasi lutung pun bertambah, dari 30-an ekor pada 2018 menjadi 52 ekor pada 2021. Di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, kawasan hutan mangrove di pesisir Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Purcut Sei Tuan, rusak akibat eksploitasi untuk tambak sejak tahun 2000-an. Tangkapan kepiting dan udang yang dahulu melimpah berangsur surut seiring alih fungsi hutan mangrove menjadi tambak. Kondisi itu membangkitkan kepedulian Miswat (50) dan warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Pantai Panglima. Tanpa kenal lelah, mereka merehabilitasi bekas tambak dengan menyemai bibit dan menanam mangrove. ”Hampir 10 tahun ini kami tanami kembali hutan mangrove yang rusak,” kata Miswat. Gerakan penyelamatan kawasan pesisir kian berkembang seiring dukungan pendanaan dari berbagai pihak, di antaranya dari PT Cargill Indonesia di Minahasa Selatan, PT Tirta Investama di Minahasa Utara, serta PT Pertamina di Bitung. Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulut juga kerap terlibat.

Kompas hlm 1 dan 15


Politik
Ratusan Ribu Relawan Jokowi Ngumpul di GBK, Banteng Baper

Banteng baper alias bawa ke perasaan menyaksikan ratusan ribu relawan Presiden Jokowi berkumpul dan berikrar setia ke Jokowi, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, akhir pekan kemarin (26/11). Apalagi di acara itu, Jokowi sempat menyinggung kriteria capres yang cocok untuk jadi penerusnya itu seorang pemimpin berambut putih, yang diyakini kode ini mengarah ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ada beberapa alasan yang membuat Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik acara relawan bertajuk Gerakan Nusantara Bersatu itu. Menurut dia, acara kumpul relawan itu tak lebih dari segelintir elite relawan yang memanfaatkan kebaikan Jokowi. Para elite ini, lanjut dia, melakukan banyak manipulasi hanya untuk memenuhi kepentingannya. Padahal, menurut dia, acara itu malah menurunkan citra Presiden Jokowi yang kepemimpinannya diakui banyak negara setelah sukses menggelar KTT G20 di Bali. "Kehebatan Jokowi dalam menggelar acara G20 justru dikerdilkan dengan cara tidak elegan. Sepertinya elite relawan tersebut mau mengambil segalanya, jika tidak dipenuhi keinginannya, mereka mengancam akan membubarkan diri," kata Hasto, dalam keterangan tertulis, kemarin. Menurut Hasto, dari pada kumpul tak jelas, lebih baik relawan itu mendukung pemerintah. Misalnya, dengan membantu korban gempa Cianjur. “Itu menjadi pelajaran politik yang sangat penting, terlebih di dalam cara mobilisasi tersebut, sampai dilakukan cara-cara menjanjikan sesuatu yang tidak sehat,” ujar Hasto.

Rakyat Merdeka hlm 1 dan 8


Properti
Menanti Pulihnya Penjualan Properti kala Suku Bunga Meninggi

Suku bunga masih dalam tren kenaikan hingga akhir tahun ini. Namun, sektor properti yang melandai tahun ini diperkirakan bisa kembali tumbuh tahun depan. Kepala Ekonom BCA David Sumual mengatakan sektor properti menjadi salah satu sektor yang menarik untuk dialiri investasi tahun depan karena ada kemungkinan mulai pulih. “Saya pikir untuk beberapa sektor [properti] tertentu masih menarik walaupun tren suku bunga mungkin akan meningkat. Karena di beberapa cycle sebelumnya ketika suku bunga naik, pertumbuhan kredit masih meningkat,” jelasnya kepada Bisnis, dikutip Minggu (27/11/2022). Menurutnya, pertumbuhan kredit masih bisa naik karena antisipasi kenaikan suku bunga yang lebih tinggi. “Jadi akhir tahun ini dan awal tahun depan masih cukup bagus perkembangannya, karena sekarang baru akhir tahun depan semester II/2023 baru ada dampaknya, dan kalaupun naik juga tidak akan terlalu banyak dari sisi ratenya,” jelasnya. Adapun, daya beli masyarakat masih cukup baik terlihat dari inflasi Indonesia yang di bawah ekspektasi dari kisaran 7 persen sekarang masih bertahan di sekitar 6 persen akhir tahun ini. Sedangkan tahun depan inflasi kembali normal ke 3-4 persen lagi. Senada, Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan bahwa sektor properti merupakan salah satu sektor yang menarik dan bisa dicermati tahun depan.

Bisnis Indonesia


Sosial
Awas, Gejala Awal Covid Varian Baru Sering Diabaikan Warga RI

Banyak orang menyepelekan gejala Covid-19 selain demam. Gejala dari Covid-19 padahal beragam, dari gejala yang bersifat ringan hingga mengancam jiwa atau berisiko kematian. Covid-19 merupakan infeksi yang utamanya menyerang saluran pernapasan seperti hidung, mulut, dan paru-paru. Gejalanya meliputi demam, batuk, pilek dan nyeri menelan serta sesak napas pada penyakit berat. Namun, gejala tersebut terkadang tumpang tindih dengan sakit tenggorokan biasa dan batuk pilek, sehingga wajar jika panik dan merasa cemas. Rery Budiarti, dokter RS Kariadi menjelaskan bahwa sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah salah satu gejala infeksi Covid-19 yang ditetapkan oleh WHO. Gejala nyeri menelan ditemukan pada 5%-17,4% pasien positif Covid-19. Radang tenggorokan merupakan penyakit yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus. "Penularan terjadi antarmanusia melalui semburan air liur saat seseorang batuk, berbicara, atau bersin. Gejala ini juga terlihat pada infeksi saluran pernapasan selain Covid-19," kata Rery, dikutip Minggu (27/11/2022). Pada pasien dengan kekebalan yang baik, gejala infeksi ringan biasanya membaik dalam 1-3 hari.

CNBC Indonesia


Berita Sinar Mas

Unit Usaha APP Sinar Mas Raih Penghargaan Tertinggi Kemenperin

Grand City Hadirkan Destinasi Kuliner Terbaru di Balikpapan

Eksklusif Franky Widjaja: Hilirisasi dan UKM Kunci RI Jadi Negara Maju

Misi Kemanusiaan ERG Berau Coal ke Cianjur

Kylie Suyoto Kwok Ingin Ikuti Jejak Lindswell Raih Prestasi Internasional

Korem 031/WB Gandeng Sinar Mas Agribusiness and Food Latihan Penanggulangan Karhutla

Jaringan Saudagar Muhammadiyah dan Bank Sinarmas Syariah Fasilitasi Penyaluran KUR

Paraga Artamida Beli Saham BSDE Rp 24,2 Miliar

Puradelta Lestari Kembangkan Kawasan Industri Khusus Data Center Seluas 2.200 Hektare

Peduli Korban Banjir, PT SKU Serahkan Bantuan Kepada Pemdus Bedaro

Sinar Mas Dukung Pemulihan Ekonomi Korban Banjir Kalteng

Sinar Mas Land Gelar Healthy Living with Aerium

Pelaku Bisnis TV Berlangganan Masih Gencar Ekspansi

Perkuat Perdagangan dengan Arab Saudi, Kadin Jatim Ikuti Indonesian Week 2022 di Riyadh

eSIM Smartfren, Digital SIM Pertama di Indonesia

Transaksi Dana Meningkat

Agribisnis & Pangan

Kebijakan Rasio Hak Ekspor CPO Tidak Berubah

9 Diplomat Bahas Minyak Sawit Berkelanjutan

Ekonomi

Wajib Pajak: Kepatuhan Orang Kaya Melambat

Energi

Tak Ganggu Kebutuhan Pangan Lokal, Minyak Sawit untuk Biodiesel Perlu Terus Dikembangkan

Pemerintah Siapkan Insentif Proyek DME

Indonesia Harus Bentuk Komisi Nasional untuk Berhentikan PLTU Batu Bara

Finansial

Penerapan PSAK 74 Percepat Konsolidasi Industri Perasuransian

Oktober, Kredit Korporasi Tumbuh 14%

Penjelasan Menkes soal BPJS Orang Kaya: Asuransi Swasta yang Terkoneksi BPJS Kesehatan

Industri

Menanti Manuver Kebijakan Upah

Lingkungan

Jalan Senyap Para Pejuang Lingkungan

Politik

Ratusan Ribu Relawan Jokowi Ngumpul di GBK, Banteng Baper

Properti

Menanti Pulihnya Penjualan Properti kala Suku Bunga Meninggi

Sosial

Awas, Gejala Awal Covid Varian Baru Sering Diabaikan Warga RI