Simas Jiwa Hadirkan Perlindungan Perjalanan

PT Asuransi Simas Jiwa bekerja sama dengan Prodigi dan Gojek menghadirkan produk asuransi PerjalananAman+. Produk ini memberikan perlindungan ekstra berupa tambahan manfaat perlindungan selama perjalanan dengan GoRide dan GoCar. Hanya dengan menambah Rp1.000 pada pemesanan GoRide ataupun GoCar, penumpang akan terlindungi dengan asuransi kecelakaan tambahan dengan nilai pertanggungan mencapai Rp350 juta. PerjalananAman+ semakin melengkapi perlindungan asuransi kecelakaan yang otomatis telah diberikan kepada mitra driver dan penumpang di setiap perjalanan. "Sebagai layanan ride hailing yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia, Gojek menjadi rekan strategis dalam menjangkau masyarakat yang seluas-luasnya dan memberikan mereka proteksi untuk perjalanan yang lebih aman," ujar Direktur Utama PT Asuransi Simas Jiwa I. J. Soegeng Wibowo melalui siaran pers, Senin (24/1). Manfaat perlindungan ekstra PerjalananAman+, mencakup nilai pertanggungan risiko, antara lain niaya pengobatan sampai dengan Rp7 juta, cacat permanen sampai dengan Rp350 juta, santunan kematian karena kecelakaan sebesar Rp350 juta.


Bisnis Indonesia hlm 15

Berita Sinar Mas
Sinarmas Dorong Investasi Sumbar bersama Para Stakeholder

Sinarmas Sekuritas mengadakan webinar bertajuk SimInvestival 2022 yang mengusung tema “Investasi Digital Rang Mudo”. Webinar ini ditujukan bagi para pengusaha muda yang tertarik dalam hal investasi dan berupaya untuk mendorong dunia investasi Sumatera Barat. Sinarmas merupakan salah satu perusahaan yang mengedepankan praktek bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkunga, dan kesejahteraan sosial. Dalam mewujudkan hal ini, salah satu upaya Sinarmas yaitu mulai menjangkau generasi muda Sumatera Barat (Sumbar) dengan menggait pengusaha muda yang inspiratif melalui beberapa kegiatan. Salah satunya yaitu Webinar SimInvestifal 2022 dengan tema “Investasi Digital rang Mudo” pada Hari Senin, 24 Januari 2022. Sumbar menjadi salah satu daerah dengan potensi pengusahan yang tinggi dalam membawa perubahan perekonomian. Terlebih lagi pada kondisi pandemi yang mana menuntut generasi muda Sumbar harus lebih kreatif dan inovatif lagi. Untuk itu, salah satu faktor penting dalam mencapai keadaan ini adalah perkembangan digitalisasi yang signifikan.

Kabar Sumbar, Liputan 6


Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food Kembali Dibuka

Tahun ini Sinar Mas Agribusiness and Food kembali memberikan beasiswa bagi para siswa berprestasi dengan jumlah kuota sebanyak 45 penerima beasiswa. Pendaftaran telah dibuka sejak 3 Januari 2022 dan akan berakhir pada 31 Maret 2022. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk belajar dan menjadi profesional muda di industri agrobisnis khususnya kelapa sawit. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang kurang beruntung secara finansial mendapatkan bantuan penuh selama pendidikan berlangsung baik biaya kuliah maupun biaya hidup per semester. Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan mendapatkan pengalaman magang di operasional Sinar Mas Agribusiness and Food seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema besar Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2022: Merajut Asa, Membangun Bangsa, Jelajah Indonesia. "Mendapatkan akses pendidikan yang baik dan berkualitas adalah cara mengejar dan mewujudkan mimpi kita. Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food telah sejak lama membantu anak muda Indonesia mewujudkan cita-cita mereka. Tak sedikit dari mereka kini menempati posisi penting di Perusahaan," jelas Darwin Tjindaidi, Head of HR Upstream, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Republika, Ekonomi Neraca hlm 11, Medcom


Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Kebijakan Minyak Goreng Harga Rp14.000 per Liter

Setelah adanya kebijakan minyak goreng harga Rp14.000 per liter mulai 19 Januari 2021 lalu, sejumlah produsen minyak goreng nasional memberikan dukungannya terhadap regulasi tersebut. Investor Relations Sinar Mas Agribusiness and Food Pinta S Chandra menjelaskan pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya melaksanakan stabilisasi harga melalui penyaluran minyak goreng sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah. "Sejak November 2021 hingga Januari 2022, perseroan telah menyalurkan minyak goreng sesuai harga yang ditetapkan Pemerintah sebanyak 700.000 liter dan akan dilanjutkan dengan mengikuti program stabilisasi harga minyak goreng seharga Rp14.000 per liter," ujarnya Senin (24/1/2022). Menurutnya upaya ini merupakan bentuk dukungan bagi program pemerintah untuk melakukan stabilisasi harga minyak goreng di pasaran. Pihaknya telah bekerja sama dengan pengusaha ritel nasional, sehingga minyak goreng kemasan dihargai Rp14.000 per liter, jauh lebih murah dari harga pasaran yang berkisar Rp19.000–20.000 per liter pada saat ini. Sementara itu Corporate Affairs Director Sinar Mas Agribusiness and Food Harry Hanawi menjelaskan bahwa perseroan terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait untuk penyaluran minyak goreng terjangkau ke masyarakat.

Bisnis Indonesia, Kontan, Kontan hlm 13


Persaingan Dompet Digital Kian Dinamis

Terbaru, kabarnya dompet digital Dana akan diakuisisi oleh PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) yang merupakan anak usaha Grup Sinarmas. Pasca mencaplok Dana, Grup Sinarmas juga akan menggelar karpet merah bagi Alibaba, masuk menjadi pemegang saham FREN. Jika benar maka porsi kepemilikan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) terhadap saham PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana) lewat kepemilikan 49% di PT Elang Andalan Nusantara (EAN) kemungkinan bakal dilepas. Mengingat, EMTK saat ini sudah memiliki Ovo, yang dikelola bersama dengan Grab. Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah berpendapat, dalam ekonomi atau bisnis digital memerlukan kolaborasi dan sinergi yang dilakukan dalam sebuah ekosistem. Oleh karenanya, apa yang dilakukan oleh grup-grup besar tersebut bertujuan untuk mengembangkan bisnis digitalnya di masa depan. "Jadi kalau ingin memenangkan persaingan bisnis masa depan harus punya atau tergabung dalam sebuah ekosistem yang lengkap termasuk memiliki alat pembayaran digital," ujar Piter kepada KONTAN, Senin (24/1). Peneliti ekonomi digital Institut for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai, peta persaingan dompet digital ini masih sangat dinamis. "Shopeepay sangat terdorong dari masifnya Shopee, begitu juga Ovo yang terbantu Tokopedia dan Grab," ujar Huda.

Kontan hlm 10


Sinar Mas Mining Buka Lowongan Kerja Lulusan Teknik Geologi Hingga Pertambangan

Sinar Mas Mining merupakan salah satu pilar dari PT Sinar Mas yang memiliki cadangan batu bara terbesar di Indonesia. Sinar Mas Mining bergerak dalam bidang eksplorasi, penambangan dan pemasaran batu bara termal yang bersumber dari area konsesi. Pertambangan batubara Sinar Mas Mining tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Jambi, dan Cekungan Sumatera Selatan. Saat ini Sinar Mas Mining kembali membuka lowongan kerja terbaru pada Januari 2022. Berikut posisi yang ditawarkan: Geotech Engineer Mining Engineer Short Term Plan Engineer Safety Engineer

Medcom


Lokasi Street Race Februari: Meikarta, BSD dan Vida Bekasi Kota

Polda Metro Jaya akan kembali menggelar street race pada Februari mendatang. Setidaknya, sudah ada tiga lokasi di Bekasi dan Tangerang yang telah dipersiapkan. "Bulan depan (Februari). Ada tiga lokasi yang disiapkan. BSD, Meikarta dan Vida Bekasi Kota," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (24/1). Jadwal gelaran street race di lokasi tersebut masih dibicarakan. Pasalnya, kegiatan tidak dilakukan secara bersamaan di tiga titik. "Nanti kami atur waktunya," tambah Sambodo. Kegiatan itu akan diselenggarakan di luar wilayah DKI Jakarta untuk menghindari kegiatan balap liar ilegal. Polisi ingin merangkul para pebalap liar untuk ikut berlomba dalam street race. Sebelumnya Polda Metro Jaya menggelar street race pertama kali di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 16 Januari lalu. Tujuannya dari kegiatan itu adalah untuk mengakomodasi hasrat balap agar tidak menjadi balap liar yang meresahkan masyarakat umum. Selama ini ada 39 titik di wilayah Jakarta yang kerap dijadikan sebagai lokasi gelaran balap liar.

CNN Indonesia, Jawapos


Agribisnis & Pangan
Larangan Terbatas Ekspor CPO: Pasokan Untuk Global Terjaga

Per 24 Januari 2022, Kementerian Perdagangan menerapkan larangan terbatas (lartas) ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO), produk refined, bleached, and deodorized (RBD) palm olein, dan minyak jelantah sebagai implementasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 2/2022 tentang Perubahan atas Permendag No. 19/2021 tentang Kebijakan Pengaturan Ekspor. Alhasil, persetujuan ekspor (PE) harus diperoleh untuk permohonan pemuatan barang ke luar negeri dengan syarat Surat Pernyataan Mandiri bahwa eksportir telah menyalurkan CPO, RBD palm olein, dan minyak jelantah untuk kebutuhan dalam negeri yang disertai dengan kontrak penjualan, rencana ekspor dalam jangka 6 bulan, dan rencana distribusi dalam jangka 6 bulan. Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga mengatakan beleid itu tak banyak berpengaruh pada aktivitas ekspor maupun distribusi ke dalam negeri. Sebanyak 32 anggota asosiasi telah berkomitmen menyediakan pasokan untuk konsumsi domestik. "Kami perkirakan kebutuhan CPO untuk minyak goreng konsumsi domestik 4,8 juta ton untuk tahun ini. Pasokan kita masih tersisa banyak sekali. Tidak perlu ada kekhawatiran soal pasokan," katanya, Senin (24/1). Dia tidak membantah terdapat potensi kenaikan konsumsi CPO pada 2022 dibandingkan dengan 2021 yang berkisar 3,9 juta–4,1 juta ton. Namun, Sahat mengingatkan bahwa mayoritas produk CPO dan olahan Indonesia diserap oleh pasar internasional, sehingga tidak perlu direspons negatif oleh pasar. "Kebijakan ini justru dipelintir pasar, seolah Indonesia tidak bisa memasok karena ada regulasi. Tidak ada masalah pasokan. Jadi tidak perlu dipermasalahkan.”

Bisnis Indonesia hlm 3, Kompas, Republika


Pemerintah Jamin Pedagang Pasar Tetap Bisa Untung

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, minyak goreng satu harga bagi pasar-pasar rakyat atau tradisional akan digelontorkan oleh distributor mitra produsen minyak goreng mulai 26 Januari 2022. Saat ini, proses pendaftaran dan verifikasi distributor tengah berlansung, sembari produsen memproduksi minyak goreng. Minyak goreng dari produsen ditetapkan sampai di tangan distributor seharga Rp 12.500 per liter. Dengan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng Rp 14.000 per liter, masih ada ruang keuntungan bagi distributor dan pedagang pasar. "Jadi masih ada ruang bagi pedagang pasar untuk mendapatkan keuntungan sekitar Rp 500 per liter hingga Rp 1.000 per liter. Keuntungan itu juga bergantung dari besaran margin yang diambil distributor," kata Oke ketika dihubungi di Jakarta, Senin (24/1/2022). Untuk penyediaan minyak goreng satu harga di pasar tradisonal di daerah-daerah terpencil, lanjut Oke, distributor akan mendapatkan ganti biaya angkut atau pengiriman dari pemerintah. Sama seperti dana subsidi minyak goreng satu harga, dana penggantian biaya pengiriman itu juga berasal dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang dialokasikan Rp 7,6 triliun. "Bagi pedagang pasar yang sudah terlanjur memiliki stok lama, mereka bisa meminta retur minyak goreng tersebut kepada distributor," ujarnya. Sepekan terakhir, kebijakan minyak goreng satu harga ini sudah berjalan di toko dan gerai ritel modern. Selanjutnya akan digulirkan ke pasar-pasar tradisional. Dalam sepekan bergulirnya kebijakan itu, harga minyak goreng di pasaran masih tinggi.

Kompas hlm 10, Republika hlm 1


Ekonomi
Optimalisasi Penerimaan Negara: Perjanjian Dagang Sumbat Setoran Bea Masuk

Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani menjelaskan, dari seluruh komponen impor tercatat 70% di antaranya tidak bisa dikenai pungutan karena bertarif 0%. Dengan demikian, otoritas kepabeanan hanya memungut 30% dari total impor yang masuk sehingga penggalian potensi penerimaan negara tidak dapat dilakukan dengan akseleratif. Kondisi ini pula yang mendorong pemerintah untuk menurunkan target penerimaan bea dan cukai secara total pada tahun ini yakni senilai Rp245 triliun, lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu yang berada di angka Rp269 triliun. “Apabila impor tinggi tentu bea masuk akan tinggi juga. Tetapi catatan kami, volume impor kita 70% tarifnya adalah 0% sesuai perjanjian dagang. Kami hanya memungut 30% dari total impor,” kata dia dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (24/1). Tingginya tingkat impor yang tidak linier dengan penerimaan bea masuk itu terefleksi di dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) serta Ditjen Bea dan Cukai. Di sisi lain, pemerintah juga memberikan berbagai insentif fiskal untuk aktivitas impor yang tecermin di dalam belanja perpajakan. Celakanya, belanja perpajakan untuk bea masuk terus mencatatkan kenaikan. Artinya, tren peningkatan insentif pajak yang diberikan oleh otoritas fiskal untuk kemudahan importasi barang tidak berkorelasi dengan sumbangsih sektor tersebut terhadap pendapatan negara. Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira menyarankan kepada pemerintah untuk mengkaji ulang seluruh perjanjian dagang, terutama dalam konteks pembebasan bea masuk ke negara yang tidak berdampak resiprokal. “Model pembebasan bea masuk yang kebablasan akan merugikan juga pemain lokal selain dari sisi bea masuk,” kata dia kepada Bisnis.

Bisnis Indonesia hlm 11


Industri
Substansi Ketenagakerjaan di UU Cipta Kerja Perlu Pembenahan

Pemerintah berencana menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja dengan memprioritaskan pembenahan aspek formil regulasi tersebut. Komisi IX DPR mengingatkan pemerintah untuk melakukan revisi secara substansial, khususnya untuk membenahi sejumlah substansi ketenagakerjaan yang merugikan pekerja. Demikian mengemuka dalam rapat kerja antara Komisi IX DPR dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan jajaran pejabat Kementerian Ketenagakerjaan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022). Ida Fauziyah memaparkan rencana pemerintah dalam menindaklanjuti putusan MK, yang menyatakan UU tentang Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat. Menurut Ida, perbaikan aspek formil dari UU Cipta Kerja akan diprioritaskan dengan merevisi UU Nomor 12/2011 tentang Peraturan Pembentukan Perundang-undangan (PPP). “Putusan MK ini lebih melihat pada cacat formil yang ada di UU Cipta Kerja, bahwa metode penyusunan secara omnibus law ini tidak baku dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Karena ini dianggap cacat formil, maka yang dilakukan tindak lanjutnya adalah merevisi UU PPP,” tutur Ida dalam paparannya. Revisi UU PPP tersebut akan dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Badan Legislasi DPR. “Kami pada saatnya akan dilibatkan, tetapi karena ini lebih pada urusan Kemenkumham, maka yang akan mewakili pemerintah dalam perumusan revisi nanti adalah Kemenkumham,” tutur Ida.

Kompas hlm 8


Lingkungan
Kawal Pengelolaan Sumber Daya Alam

Masyarakat diminta mengawal kebijakan pemerintah terkait Undang-Undang Cipta Kerja yang telah dinyatakan inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi. Pengelolaan sumber daya alam yang diatur dalam UU ini pun perlu diperhatikan. Putusan MK Nomor 91/PUU-XVIII/2020 tersebut menyatakan UU Cipta Kerja (UUCK) cacat formil pada 25 November 2021. MK memerintahkan pemerintah dan DPR untuk memperbaiki UUCK dalam dua tahun. Selama kurun tersebut, MK menyatakan, segala tindakan atau kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas mesti ditangguhkan. Selain itu, penerbitan peraturan pelaksana baru yang berkaitan dengan UUCK tidak dibenarkan. Manager Kajian Hukum dan Kebijakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Satrio Manggala pada Senin (24/1/2022) mengatakan, penyelenggara negara tidak sepenuhnya tunduk dan patuh pada putusan MK. Ini tampak dari terbitnya Surat Satgas Percepatan Sosialisasi UUCK beberapa hari setelah putusan MK ditetapkan. Ia menyayangkan tindakan penyelenggara negara. Berbagai kebijakan tersebut dinilai tidak menghormati putusan MK. Di sisi lain, ketidakpatuhan terhadap putusan MK dikhawatirkan berdampak ke pengelolaan sumber daya alam (SDA).

Kompas hlm 8


Pendidikan
Simulasi Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja

Dukungan dunia usaha dan dunia industri terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) datang dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dukungan dilakukan ISEI Jakarta dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) di Jakarta, Senin (24/1/2022). Acara dilanjutkan dengan webinar bertajuk ”Peningkatan Kualitas Human Resources atau Sumber Daya Manusia melalui Transformasi Pendidikan Tinggi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Kolaborasi Dunia Usaha dan Dunia Industri”. Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi mengatakan, MoU yang merupakan kolaborasi empat lembaga tersebut merupakan bentuk dukungan transformasi dan kegiatan strategis MBKM. Kalangan dunia usaha dan industri menyambut baik program yang membekali mahasiswa dengan pengalaman dan kompetensi yang akan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja dan dinamika revolusi industri 4.0. Dengan adanya MoU, keempat pihak akan menyediakan magang bagi mahasiswa tingkat akhir. Selain itu, mereka juga akan mendukung peningkatan kualitas tridarma perguruan tinggi melalui beberapa kegiatan, seperti praktik mengajar, kuliah pada industri, dan pemutakhiran kurikulum sesuai kebutuhan yang ada. Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, MoU ini merupakan dukungan nyata dunia usaha dan industri terhadap program MBKM untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengadakan pelatihan, magang berkonversi, dan riset.

Kompas hlm 5


Pertambangan
Wamen BUMN Buka-bukaan Progres Pembubaran PLN Batubara

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka-bukaan atas progres mengenca rencana pembubaran anak usaha PT PLN (Persero) yakni PT PLN Batubara. Saat ini pihaknya tengah memperbaiki suplai batu bara yang ada di PLN supaya kejadian krisis batu bara tidak terulang kembali. Wakil Menteri BUMN, Pahala Mansury menyampaikan bahwa, sebelum lebih jauh mengenai rencana pembubaran PT PLN Batubara, ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang fokus terus mengatasi jumlah suplai batu bara yang dimiliki oleh PLN. Saat ini jumlah suplai batu bara ke pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN mengalami perbaikan ketimbang pada awal tahun 2022, yang dirasa sulit mendapatkan pasokan batu bara. "Kalau kita lihat PLTU yang strategis itu jumlah batu bara di bawah level yang cukup, bisa dibilang memadai dan jumlah PLTU-nya meningkat," ungkap Pahala dalan Squawk Box, CNBC Indonesia, Senin (24/1/2022).

CNBC Indonesia


Politik
Edy Mulyadi Minta Maaf Sebut Kalimantan Tempat Jin Buang Anak, Singgung Monas dan BSD

Edy Mulyadi menjadi sosok yang sangat santer dibicarakan sejak sepekan terakhir atas ucapannya yang dianggap menghina Kalimantan terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Melalui saluran Youtube Bang Edy Channel, Edy meminta maaf terkait ucapannya yang menyinggung masyarakat Kalimantan karena mengibaratkan lahan itu sebagai tempat 'jin buang anak. Ia mengklarifikasi pernyataannya yang membuat geram banyak masyarakat adat di Kalimantan. Edy meluruskan bahwa istilah 'jin buang anak' itu untuk menggambarkan tempat yang jauh dari pusat keramaian. "Jangankan Kalimantan, dulu Monas itu disebut tempat 'jin buang anak'. Maksudnya untuk menggambarkan tempat yang jauh," ujar Edi lewat akun Youtube Bang Edy Channel, Senin (24/1/2022). Ia juga mengibaratkan tempat lainnya yang sangat jauh seperti wilayah Bumi Serpong Damai (BSD). "Contohnya BSD (Bumi Serpong Damai). Itu pada era 1980-1990-an termasuk tempat Jin Buang Anak. Tapi bagaimana pun jika teman di Kalimantan merasa terganggung, saya minta maaf," katanya. Edy kembali menekankan bahwa ucapan tempat jin buang anak tidak bermaksud untuk menghina.

Tribunnews


Properti
Pembangunan Smart City IKN, Menengok Warisan BSD dan Alam Sutera

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis H Sumadilaga mengatakan Presiden Jokowi selalu menekankan IKN menjadi masa depan Indonesia dengan peradaban baru dan pusat ekonomi yang baru. IKN juga diharapkan sebagai pengerak utama Indonesia ke depan yang lebih baik. "Berbicara IKN ini juga berbicara kota masa depan. Untuk bangun IKN ini ada tiga visi utama dari sejak awal dimana IKN ini betul-betul menjadi identitas bangsa. Kedua, bagaimana kota ini betul-betul memegang prinsip keberlanjutan dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga, bagaimana ke depan IKN ini menjadi smart city kota masa depan," ujarnya akhir pekan kemarin. Membangun dan mengembangkan IKN ini membutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh tahun. Untuk membangun IKN sebagai smart city dan kota masa depan, dibutuhkan benchmarking, baik di luar negeri maupun dalam negeri yang telah memulai pembangunan smart city. Di dalam negeri, lanjutnya, BSD City merupakan kawasan yang sudah mencoba membangun smart city beserta green office dengan dukungan teknologi yang canggih. "Kami ingin lihat dan memang mereka sudah memulai dengan bangunan fisiknya. Bangunan kantornya sudah futuristik, masuk ke kantor itu bangunannya seperti mal. Masa depan cara kerja juga beda. Kota masa depan berbicara transformasi kehidupan, formasi bekerja otomatis kantornya berbeda dengan saat ini. Bagaimanan juga kota itu didukung dengan fasilitas internet seperti BSD City dan lain-lain," tuturnya. "Kita berbicara kota. Nantinya untuk membangun kota ini perlu biaya ya. Kita harapkan nantinya kota ini jadi kota juga di samping ada hal yang harus disiapkan pemerintah dan juga dibangun oleh investor. Pemerintah sediakan areanya, mereka [investor] membangun klaster pendukunganya seperti pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan dan lainnya," terang Danis.

Bisnis Indonesia


Sosial
Batuk Kering Gejala Umum Omicron

Gejala yang muncul pada penularan Covid-19 varian Omicron tidak jauh berbeda dengan varian-varian sebelumnya. Meski begitu, sebagian besar pasien yang menunjukkan gejala mengeluhkan adanya batuk kering dan nyeri tenggorokan. Pemeriksaan pun perlu segera dilakukan agar penanganan bisa diberikan sejak dini. ”Penularan virus pada varian Omicron ini tidak terlalu banyak ditemukan di jaringan paru, tetapi di saluran napas. Karena itu, gejala yang muncul lebih banyak berupa batuk kering dan nyeri tenggorokan,” ujar dokter spesialis paru di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Erlina Burhan, di Jakarta, Senin (24/1/2022). Berdasarkan data pasien kasus positif varian Omicron di RSUP Persahabatan, dari total 17 pasien yang dirawat, 11 pasien mengeluhkan adanya gejala ringan. Dari pasien yang bergejala tersebut, 63 persen mengalami batuk kering, 54 persen mengalami nyeri tenggorokan, 27 persen mengalami pilek, 36 persen mengeluhkan sakit kepala, dan 18 persen mengeluhkan adanya demam. Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto menambahkan, gejala ringan yang lebih banyak ditemukan pada kasus penularan varian Omicron tidak boleh disepelekan. Varian Omicron memiliki daya tular yang lebih cepat. Perburukan pada pasien tetap berisiko terjadi, terutama pada kelompok rentan. Dari kasus Covid-19 varian Omicron yang dilaporkan meninggal di Indonesia diketahui belum mendapatkan vaksinasi serta adanya komorbid. Hal ini menunjukkan, vaksinasi dan perlindungan pada kelompok rentan amat dibutuhkan.

Kompas hlm 8


Luhut Ungkap DKI Jakarta Berpotensi Masuk PPKM Level 3

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta berpotensi masuk level 3. "Teater perang pandemi yang terjadi di DKI Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi tersebut masuk ke dalam (PPKM) Level 3," kata dia melalui keterangan pers virtual terkait Evaluasi PPKM, Senin (24/1/2022). Luhut menyebutkan, keputusan terkait level PPKM akan termuat di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan terbit pada hari ini. Selain itu, Luhut juga mengatakan, dalam melakukan asesmen level PPKM, pemerintah memperlakukan DKI Jakarta sebagai satu kesatuan dengan wilayah aglomerasi Jabodetabek. "Secara aglomerasi, Jabodetabek saat ini masih pada level 2. Rincian terkait level PPKM dapat dilihat pada Inmendagri yang akan terbit hari ini," ucapnya. Dari sisi level PPKM, terjadi peningkatan jumlah kabupaten dan kota yang masuk ke level 1. Sementara itu, berdasarkan data dari Google Mobility pada pekan ini, mulai terdapat tren penurunan mobilitas di Jawa dan Bali.

Kompas, Tempo