Kondisi Global Untungkan Indonesia

Kondisi ekonomi global yang kini di ambang krisis akibat lonjakan harga energi dan pangan menguntungkan Indonesia. Sebagai salah satu produsen energi dan pangan terbesar di dunia, Indonesia justru memetik keuntungan berupa windfall profit, yang cukup untuk menjaga subsidi energi dan menggerakkan ekonomi nasional. Namun, pemerintah diimbau tidak membuat kebijakan yang melawan pasar. Indonesia yang menghasilkan banyak komoditas penting dunia, kini, mendapatkan windfall profit yang besar dari lonjakan harga komoditas energi batu bara, nikel dan mineral yang lain, minyak sawit serta produk pangan dan pertanian yang lain. Keuntungan tak terduga ini memampukan Indonesia membiayai tambahan subsidi BBM, gas LPG 3 kg, dan listrik guna menjaga daya beli masyarakat dan memperkuat momentum pemulihan ekonomi yang sebelumnya terpukul dampak pandemi Covid-19. Terjadinya perang Rusia- Ukraina yang menyebabkan gangguan pasokan energi dan pangan global kini makin melambungkan harga komoditas, yang sebenarnya sudah mulai naik sejak akhir tahun lalu seiring kegiatan ekonomi dunia mulai pulih. Alhasil, makin mendongkrak ekspor Indonesia yang banyak bertumpu pada komoditas dan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Selain kenaikan ekspor, pemulihan ekonomi makin kuat tahun 2022 lantaran faktor pandemi yang sudah bisa diatasi sehingga mendorong peningkatan mobilitas, kegiatan industri di dalam negeri, dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bahkan sudah melampaui level sebelum pandemi Covid-19 sebesar 5,02% pada tahun 2019.


Investor Daily hlm 1 dan 2

Berita Sinar Mas
Sehabis Anak Pendiri Sinar Mas, Kini Giliran Direksi BSDE Borong Saham Rp42,7 Miliar

Direktur perusahaan properti PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) tercatat memborong saham perseroan dengan nilai mencapai Rp4,5 miliar. BSDE merupakan salah satu unit usaha dari Grup Sinar Mas. Mengutip keterangan resmi perusahaan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (28/6/2022) Hermawan Wijaya selaku direktur perseroan membeli 47.519.400 saham dengan nilai rata-rata pembelian per saham Rp899,17. Diketahui, Hermawan Wijaya merogoh kocek Rp42,7 miliar. Saham BSDE yang dibeli untuk investasi tersebut ditransaksikan dari tanggal 13 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022. Total jumlah kepemilikan saham BSDE oleh Hermawan Wijaya kini berjumlah 7.131.897.164 saham, dari sebelumnya 7.084.377.764 saham. Sementara itu, Komisaris Utama Muktar Widjaja menggenggam 103.620.800 saham BSDE, dari sebelumnya 98.606.3033 saham. Selama dua bulan berturut-turut, Muktar Widjaja memborong saham BSDE dengan nilai total mencapai Rp6,5 miliar. Sebagai informasi, Hermawan Wijaya tidak hanya menjabat sebagai direktur BSDE, tetapi juga direktur PT Paraga Arta Mida yang bertindak sebagai pengendali saham BSDE.

Bisnis Indonesia


Masyarakat Antusias Mencoba Kendaraan Listrik Otonom di QBig BSD City

Sejak diresmikannya uji coba autonomous electric vehicles (AV) atau kendaraan listrik otonom oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada tanggal 20 Mei lalu, masyarakat terlihat antusias ingin mencoba kendaraan tersebut. Animo positif masyarakat terlihat dari antrian calon penumpang yang ingin mencoba kendaraan tanpa awak ini di QBig BSD City. Selama kurang lebih dua bulan, tercatat ribuan pengunjung QBig telah merasakan pengalaman naik kendaraan canggih itu. Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, “Sinar Mas Land menghadirkan autonomous electric vehicle yang diproyeksikan sebagai kendaraan masa depan. Transportasi cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan kini kami menghadirkannya di QBig sehingga warga dan pengunjung BSD City bisa jadi yang pertama untuk mencoba teknologi ini. Semoga pemerintah dapat segera merealisasikan regulasi terkait kendaraan listrik otonom ini, sehingga teknologi tersebut dapat digunakan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang tinggi tapi tetap ramah lingkungan.” AV beroperasi setiap hari Selasa – Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Hal yang perlu dipastikan oleh calon penumpang adalah melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile. Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan memiliki tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua.

Kontan, Kompas


Dorong Popularitas Batik Khas Berau

PT Berau Coal terus berupaya mendorong pengembangan batik menjadi produk unggulan Kabupaten Berau, melalui pelatihan yang saat ini secara konsisten diberikan. Kali ini kepada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK) di Kelurahan Rinding, kemarin (27/6). Menurut Ketua TP PKK Kelurahan Rinding, Neneng Sulaeha, pelatihan yang diinisiasi oleh PT Berau Coal tentu saja cukup membantu ibu-ibu PKK di Kelurahan Rinding khususnya. Baik itu dari segi ilmu dan pengetahuannya, hingga peningkatan perekonomian pihak PKK itu sendiri. "Kami mengucapkan terima kasih, semoga pelatihan membatik yang diadakan PT Berau Coal ini bisa menjadi motivasi kami untuk mengembangkan kerajinan tradisional. Baik di tingkat provinsi hingga nasional," ujarnya. Harapannya dia tentu bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam PKK Kelurahan Rinding, bisa memanfaatkan betul kesempatan pelatihan membatik tersebut. Hingga nantinya bisa diterapkan secara baik, terutama dalam dunia usaha. "Harapannya kepada PT Berau Coal, kami inginkan adanya pendampingan secara berkelanjutan. Sampai akhirnya bisa memproduksi batik secara mandiri, dan bisa membantu kami menjadi profesional," tutur Neneng.

Berau Post


Eka Hospital Gelar Media Gathering, Hadirkan Dokter Ortopedi Senior

Eka Hospital menggelar Media Gathering untuk sejumlah media pada Selasa (28/6) di Tanatap Coffee jalan Ampera Raya, Nomor 129, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Eka Hospital termasuk dr. Devina Notoatmodjo, MM selalu Director Center of Excellence dan dr. Luthfi Gatam sebagai pembicara utama. Pertemuan ini berlangsung hangat dengan obrolan ringan antara dr. Luthfi dan tanya jawab dengan wartawan. "Nanti teman-teman media ada yang akan join lagi, di sini kita sebenarnya mau kenalan sama dokter Luthfi lebih dalam sambil ngobrol-ngobrol ya. Jadi lebih in to nanti sama Eka Hospital" ucap Sheila memulai acara ini. Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dengan pengalaman lebih dari 25 tahun ini juga sempat bercerita mengenai pengalamannya saat menuntut ilmu di Amerika dan kembali ke Indonesia setiap 6 bulan sekali. “Tahun 1989 saya dibilang, sudah masuk ortopedi aja. Dulu masuk ortopedi setahun dua tahun bosan, ini ngapain ini. Tapi makin lama makin seneng gue. Akhirnya saya disuruh belajar ke Amerika,” ucap Luthfi.

Kumparan


Agribisnis & Pangan
Serba-serbi Keluhan Warga Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi dan NIK, Khawatir Buat Pinjol?

Kebijakan pemerintah mengenai pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan NIK dikeluhkan oleh masyarakat. Tak hanya pembeli, para pedagang minyak goreng pun ikut mengeluh. Umumnya mereka merasa kesulitan jika diharuskan menggunakan aplikasi tersebut jika ingin membeli minyak goreng. Bahkan, ada yang ketakutak jika harus menggunakan NIK karena takut datanya disalahgunakan untuk pinjaman-pinjaman online alias pinjol. Berikut rangkuman keluh kesah warga beli minyak goreng curah pakai PeduliLindungi dan NIK. Khawatir data pribadi disalahgunakan untuk pinjol Seperti yang dikatakan oleh Nabila (28 tahun) warga Bengkalis, Provinsi Riau. Ia khawatir jika data pribadinya yang ada dalam aplikasi tersebut tersebar dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti oknum pinjol (pinjaman online). "Intinya ya takut ya, apalagi sampai disalahgunakan, seperti sampaikan ke pinjol-pinjol gitu, entah darimana dapat data, tau-tau sudah menghubungi," tuturnya, Senin (27/6/2022).

Suara.com


Distribusi Minyak Goreng Curah ke Papua dan Maluku Tak Diminati

Sebanyak 74 perusahaan minyak goreng telah teregistrasi dalam program Minyak Goreng Curah Rakyat melalui Sistem Informasi Minyak Goreng Curah atau Simirah. Namun, dari jumlah itu, belum ada perusahaan yang minat memasok minyak goreng curah ke daerah-daerah di Papua dan Maluku. Di sisi lain, pemerintah juga membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan itu memasok minyak goreng dalam bentuk kemasan sederhana dengan merek dagang milik pemerintah, yaitu MinyakKita. Pemerintah juga meminta produsen minyak kelapa sawit mentah (CPO) untuk membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani minimal Rp 1.650 per kilogram. Hal itu mengemuka dalam telekonferensi pers tentang Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simirah dan Peduli Lindungi untuk Program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di Jakarta, Selasa (28/6/2022). Dalam acara tersebut dijelaskan pula mengenai penyempurnaan kebijakan kewajiban memasok kebutuhan pasar domestik (DMO), batas pembelian minyak goreng curah, dan rencana peralihan minyak goreng curah ke kemasan sederhana. Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Emil Satria mengatakan, dari 127 perusahaan yang sudah mendaftar program MGCR melalui Simirah, 98 perusahaan sudah diterbitkan nomor registrasi. Dari jumlah itu, 24 perusahaan merupakan produsen CPO dan 74 perusahaan produsen minyak goreng.

Kompas


Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 300 Ribu Ton Minyak Goreng Curah

Pemerintah akan menyediakan 300 ribu ton minyak goreng curah setiap bulan untuk menjaga pasokan sehingga harganya turun. Penasihat Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan Rachmat Kaimuddin mengatakan pasokan tersebut didapat dari hasil Domestic Market Obligation (DMO). "Kami minta eksportir dukung ini, untuk berkorban dan membantu. Saat ini jumlahnya sekitar 300 ribu ton per bulan atau 3,6 juta ton per tahun," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (28/6). Rachmat menuturkan jumlah tersebut juga jauh di atas kebutuhan rata-rata minyak goreng curah masyarakat Indonesia yang hanya 230 ribu ton per bulan. Persediaan yang lebih itu, katanya, dilakukan agar pemerintah bisa memastikan jumlah minyak goreng curah dalam negeri aman. "Karena kami ingin memastikan jumlahnya mencukupi. Kalau kami pas-pasin takut tidak cukup," kata Rachmat. Lebih lanjut, ia menjelaskan pembelian minyak goreng akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan dibatasi 10 kg per orang setiap harinya. Rachmat juga menuturkan alasan penggunaan aplikasi itu untuk membeli minyak goreng agar tidak ada penimbunan. Selain itu, dengan PeduliLindungi pemerintah bisa mengetahui ke mana saja minyak komoditas itu mengalir.

CNN Indonesia


Resmi! Pemerintah Pastikan Uji Coba B40 Digelar Juli 2022

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan uji jalan atau road test kendaraan dengan bahan bakar biodiesel campuran minyak sawit 40 persen (B40) pada Juli 2022 sudah mulai tahap finalisasi. "Saat ini masih finalisasi persiapan, semoga dapat dilaksanakan sesuai target yang disampaikan Pak Dirjen,"ujar Direkotrat Bioenergi ESDM Edi Wibowo pada Bisnis, Selasa (28/6/2022) Edi menambahkan bahan bakar nabati yang dibutuhkan untuk B40 adalah B100( Crude Palm Oil) sekitar 47.000 liter dan D100 sebanyak 7.000 liter atau total crude palm oil (CPO) sekitar 55.000 liter. Edi juga menambahkan jumlah kendaraan yang diuji sekitar 12 unit dengan jarak 50.000 km. "Uji coba B40, yang dimaksud B100=biodiesel; D100= green diesel. Nantinya akan dicampur dengan minyak solar [B0]," jelas Edi. Ia mengemukakan komposisi B40 adalah 40 persen B100 dan 60 persen B0. Komposisi lainnya adalah 30 persen B100, 10 persen D100, dan 60 persen B0.

Bisnis Indonesia hlm 4


Petani Sawit Minta Kebijakan DMO-DPO Dicabut, Ini Respons Pemerintah

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berkomitmen tetap menjalankan skema domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO). Hal tersebut merespons tuntutan pengusaha sawit dan petani sawit yang menuding DMO dan DPO serta flush out (FO) jadi biang kerok lambatnya ekspor CPO dan anjloknya harga buah tandan segar (TBS) sawit. “DMO, DPO, flush out itu untuk memastikan minyak goreng aman dalam negeri. Jika itu dihapus bisa jadi semuanya akan diekspor dan terjadi kelangkaan. Maka dengan ada kebijakan DMO 1:5 itu udah 16,7 persen sebenarnya. Jika itu DMO dihapus maka risiko minyak goreng akan mahal lagi,” ujar Plt Deputi Transportasi dan Infrastruktur Rachmat Kaimuddin Kemenkomarves dalam siaran pers virtualnya, Selasa (28/6/2022). Menurut eks CEO Bukalapak itu, memang ada beberapa kendala penyebab harga TBS rendah. Salah satunya dikarenakan masih belum maksimalnya proses ekspor minyak sawit mentah atau CPO. Alhasil, untuk bulan ini realisasi ekspor baru 1 juta ton, padahal normalnya dalam satu bulan bisa 2 juta ton. “Supply chain-nya harus ditata lagi, kontrak yang harus dicari, harus cari pembeli dulu, harus cari kapal dulu. Itu butuh waktu. Kita juga selalu berdiskusi dengan eksportir, view mereka harusnya beberapa waktu ke depan akan normal lagi,” jelas Rachmat.

Bisnis Indonesia, Media Indonesia hlm 2


Ekonomi
Tren Berlanjut, Restitusi Pajak Terus Menurun

Pengembalian pajak alias restitusi pajak masih melanjutkan tren penurunan. Bahkan, penurunannya semakin dalam sejalan dengan membaiknya profitabilitas perusahaan karena perbaikan kondisi ekonomi. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, restitusi pajak hingga akhir Mei 2022 tercatat sebesar Rp 6,64 triliun. Angka ini turun 41,44% year on year (yoy). Pada periode yang sama tahun lalu, restitusi pajak tercatat sebesar Rp 11,34 triliun. Menurut Kementerian Keuangan (Kemkeu), turunnya restitusi tersebut terutama berasal dari jenis pajak penghasilan (PPh) badan dengan penurunan hingga 41,45% yoy. Hal ini sejalan dengan membaiknya tingkat keuntungan wajib pajak pada tahun 2021, setelah mengalami penurunan keuntungan pada tahun 2020 yang mengakibatkan tingginya realisasi restitusi 2021. Bagi Kemkeu, restitusi pada Mei 2022 menentukan realisasi restitusi tahunan. Sebab, realisasi restitusi Mei umumnya merupakan yang terbesar di bulan-bulan lainnya pada tahun berjalan. Catatan Kemkeu, restitusi pajak pada Mei 2018 merupakan yang tertinggi dibanding bulan-bulan lainnya, yang tercatat sebesar Rp 4,93 triliun. Begitu juga dengan restitusi pajak pada Mei 2019 yang mencapai Rp 5,56 triliun.

Kontan, Bisnis Indonesia hlm 3


Energi
Indonesia Surganya Sumber Energi Terbarukan

Porsi energi terbarukan dalam bauran energi nasional pada 2021 masih 11,7 persen atau di bawah target 14,5 persen. Demikian berdasarkan data Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional, target bauran energi baru dan terbarukan pada 2025 sedikitnya sudah mencapai 23 persen dalam bauran energi nasional. Target itu pada 2030 naik menjadi sedikitnya 31 persen. Masih lebarnya kesenjangan guna memenuhi target pada 2025 menjadi pekerjaan rumah. Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa, Selasa (21/6/2022), mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah. Namun, berbagai kendala pengembangan energi terbarukan terasa sejak 2015 atau di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. ”Khususnya mengenai harga jual energi terbarukan kepada PLN karena Peraturan Menteri ESDM No 50/2017 membuat proyek-proyek energi terbarukan tidak bankable. Peraturan presiden (tentang tarif tenaga listrik dari energi terbarukan) juga dua tahun belum disahkan. Ada ketidakpastian regulasi sehingga berisiko dan (proyek) tidak bankable,” ucap Fabby.

KompasKontan, Bisnis Indonesia hlm 1


Finansial
AAJI: Imbas Pandemi, Jumlah Agen Asuransi Jiwa Turun

Jumlah tenaga pemasar atau agen berlisensi asuransi jiwa menurun dari sekitar 600.000 menjadi sebanyak 580.000 orang akibat pandemi Covid-19. Namun demikian, para agen yang masih bertahan sampai saat ini diyakini telah teruji tangguh sebagai salah satu kanal berpengaruh bagi asuransi jiwa. Direktur Eksekutif AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) Togar Pasaribu menyampaikan, jumlah tertanggung asuransi jiwa per kuartal I 2022 bertambah lebih dari 11 juta orang atau tumbuh sebesar 18,1%. Selain itu, jelas Togar, pertumbuhan polis individu meningkat pesat pada kuartal I-2022. Menariknya, ada 3 juta polis yang dibeli oleh nasabah dari kategori middle low income, dengan nilai premi yang relatif kecil. Di tengah pertumbuhan jumlah polis, agen berlisensi sedikit mengalami penurunan di kuartal I-2022 sebagai dampak dari pandemi pada dua tahun terakhir. Dia menerangkan, rekrutmen agen membutuhkan proses panjang dan berat. Untuk mencapai 580.000 agen berlisensi saat ini, para leader agen asuransi memerlukan proses mengumpulkan sekitar 5 juta calon agen selama bertahun-tahun sekaligus biaya yang tidak sedikit. Menurut Togar, agen berlisensi yang bertahan hingga saat ini telah teruji tangguh. Apalagi peran agen sampai saat ini pun masih mendominasi produktivitas pendapatan premi asuransi jiwa. Data AAJI pada kuartal I-2022 menerangkan, kinerja kanal keagenan dari industri asuransi jiwa masih terdampak pandemi Covid-19. Kinerja kanal distribusi ini susut 9,4% year on year (yoy) tetapi masih mampu berkontribusi sebesar 29,9% terhadap total pendapatan premi asuransi jiwa.

BeritaSatu


Kehutanan
Kongres Kehutanan Indonesia Gaungkan Kebermanfaatan Hutan bagi Kemajuan Bangsa

Pemulihan ekonomi yang diiringi dengan perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat memberikan optimisme tersendiri dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini. Akselerasi pemulihan ekonomi juga perlu didukung reformasi struktural yang di antaranya dengan mengoptimalkan potensi usaha kehutanan melalui kebijakan multiusaha kehutanan. Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2021, Pemerintah telah menetapkan inovasi kebijakan berupa Multiusaha Kehutanan yang merupakan penerapan beberapa kegiatan usaha kehutanan berupa usaha pemanfaatan kawasan, usaha pemanfaatan hasilhutan kayu dan bukan kayu, dan/atau usaha pemanfaatan jasa lingkungan untuk mengoptimalkan Kawasan Hutan pada Hutan Lindung dan Hutan Produksi. Kebijakan Multiusaha Kehutanan tak hanya berisi regulasi, pengawasannya juga dilakukan dengan ketat agar dapat mengembalikan kejayaan sektor kehutanan dengan memperhatikan aspek kelestarian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan Multiusaha Kehutanan juga diharapkan dapat menjadi solusi antara kebutuhan ekonomi, lingkungan, dan sosial. "Kebijakan-kebijakan tersebut tentunya masih sangat dibutuhkan guna mengembalikan kontribusi kehutanan terhadap PDB nasional seperti masa jayanya di era 80-an, di mana sektor kehutanan dan turunannya menjadi andalan daripada ekspor Indonesia," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka Kongres Kehutanan Indonesia VII bertema 'Hutan Terkelola, Bumi Terjaga, Bangsa Berdaya' di Gedung Manggala Wanabakti, KLHK, Jakarta, Selasa (28/6). Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada kesempatan yang sama juga menyampaikan perlunya meneguhkan kembali komitmen bersama untuk terus menjaga kebermanfaatan hutan dan sumber dayanya dalam upaya mencapai kemajuan kehidupan bangsa Indonesia.

Media Indonesia


Pertambangan
BLU Pungutan Batu Bara Diterawang Terbentuk Juli 2022

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprediksi pembentukan Entitas Khusus Batu Bara atau Badan Layanan Umum (BLU) pungutan iuran batu bara bisa terbentuk pada Juli 2022 ini. Saat ini pembahasan pembentukan BLU tersebut masih dalam proses. Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif mengatakan bahwa, saat ini pembentukan BLU Iuran Batu Bara itu sedang berproses. "Konon kabarnya targetnya Juli ini (2022)," ungkap dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (28/6/2022). Irwandy bilang, jika BLU batu bara sudah terbentuk, maka semua harga batu bara akan berlaku sesuai dengan ketentuan bisnis yang mengacu pada indeks tertentu. "Dan kemudian kepada PLN yang US$ 70 per ton, selisishnya seusai dengan harga indeks akan dikembalikan kepada perusahaan. Jadi perusahaan mendapatkan nilai batu bara pasar," ungkap Irwandy. Menurut Irwandy, terbentuknya BLU Batu Bara dan dilepasnya harga batu bara ke mekanisme pasar akan lebih menjamin kebutuhan batu bara untuk dalam negeri khususnya pembangkit milik PLN.

CNBC Indonesia


Politik
Momentum Bersih-bersih Parpol

Memasuki persiapan pesta demokrasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadikannya sebagai momentum bagi partai politik melakukan bersih-bersih untuk memutus rantai kasus korupsi yang melibatkan tokoh politik. n Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan keterlibatan tokoh politik dalam kasus korupsi menjadi perhatian lembaga antirasuah itu. Dia menyebut sejak 2003, lebih dari 300 anggota parlemen menjadi tersangka kasus korupsi. Lalu, 20 gubernur, 140 bupati, wali kota serta 30 menteri tersandung kasus korupsi. Dengan demikian, penting untuk melakukan bersih-bersih di tubuh partai politik sehingga integritas bisa terjaga saat melahirkan anggota parlemen hingga pejabat publik. “Dari perwakilan partai politik ini juga lahir berbagai regulasi dan banyak kebijakan,” ujarnya saat memberikan materi pembekalan, seperti yang dikutip Antara, Selasa (28/6). Dia pun memberikan beberapa rekomendasi mulai dari perbaikan sistem hingga edukasi. Dia menilai hal itu menjadi opsi bagi KPK untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi. Dia turut berharap agar parpol menindaklanjuti solusi tersebut dengan komitmen dan aksi nyata memutus mata rantai praktik politik yang korup.

Bisnis Indonesia hlm 8


Sains-Psikologi
BPOM Usulkan Vaksin Merah Putih Ganti Nama untuk Ekspor

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito berharap, uji klinis fase tiga vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, berjalan lancar dan hasilnya bisa segera diperoleh. Penny memastikan, BPOM akan terus mendampingi proses pengembangan Vaksin Merah Putih Unair. Dia juga berharap Vaksin Merah Putih Unair nantinya bisa didaftarkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sehingga bisa diekspor. "Harapan kami vaksin ini didaftarkan ke WHO dan ke depan tidak hanya menjadi alternatif pilihan dalam negeri, tapi juga menjadi produk ekspor," ujarnya di acara Kick Off Uji Klinik Fase 3 Vaksin Merah Putih di Kampus A Unair, Surabaya, Senin (27/6/2022). Penny mengungkapkan, jika nantinya vaksin Merah Putih Unair bisa didaftarkan ke WHO dan diekspor, bukan tidak mungkin namanya akan diganti menjadi lebih universal. Penny siap memintakan nama kepada Presiden Joko Widodo jika nantinya vaksin Merah Putih Unair bisa diekspor. Dia kembali meminta agar hasil dari uji klinis fase tiga vaksin Merah Putih segera didapatkan, agar bisa segera diproduksi massal. "Nanti mungkin dengan nama yang kita mintakan kepada Bapak Presiden, dengan nama yang universal kalau nanti benar-benar diekspor," ucapnya.

Liputan 6


Sosial
Perubahan Nama Jalan, Disdukcapil DKI: 5.637 Warga Terdampak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 5.637 warga terdampak atas perubahan nama jalan. Gubernur Anies Baswedan mengganti puluhan nama jalan di ibu kota dengan nama-nama tokoh Betawi pada 20 Juni 2022. “Berdasarkan data yang ada bahwa wajib KTP yang terdampak terkait perubahan nama jalan sebanyak 5.637,” ujar Kepala Disdukcapil DKI Budi Awaluddin lewat keterangan tertulis, Selasa, 28 Juni 2022. Disdukcapil DKI telah berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk ketersediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) dan KIA. Menurut Budi, Kemendagri mengimbau jajaran di instansi yang dipimpinnya agar memberikan pelayanan prima yang cepat, akurat dan tuntas. Terutama, kata Budi, pada momentum perubahan nama jalan di enam wilayah DKI Jakarta. “Sehingga perubahan data di kolom alamat pada KTP eletktronik, KIA dan KK itu segera dapat disesuaikan sesuai dengan penaman jalan yang baru,” katanya. Disdukcapil DKI Jakarta akan melakukan layanan jemput bola serentak di lima Wilayah Kota dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu besok, 29 Juni 2022. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengubah alamat sesuai dengan penamaan jalan baru nama tokoh Betawi.

Tempo


11 Daerah yang Terapkan Pembelian Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga akan memberlakukan cara baru pembelian Pertalite dan Solar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Rencananya, cara baru tersebut akan diterapkan ke 11 daerah yang ada di lima wilayah Indonesia. "Untuk kelancaran pendaftaran, kami mengimbau agar pendaftar adalah konsumen yang berada di wilayah implementasi tahap 1 atau yang sering bepergian ke lokasi tahap 1," tulis Pertamina, dilansir dari laman subsiditepat.mypertamina.id hari ini, Rabu, 29 Juni 2022. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan bahwa cara baru pembelian ini dilakukan agar subsidi yang diberikan bisa tepat sasaran. Menurut dia, penjualan Pertalite dan Solar harus patuh, tepat sasaran, dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM bersubsidi. "Apabila tidak diatur, besar potensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi," kata Alfian dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Tempo hari ini, Selasa, 27 Juni 2022. Sebelumnya, ada lima provinsi yang akan menjadi lokasi uji coba tahap awal pembelian BBM bersubsidi dengan aplikasi MyPertamina. Kelima provinsi itu adalah Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Tempo, CNBC Indonesia, Bisnis Indonesia hlm 21


Tekfin
Beban Pegawai Belum Gerus Bisnis Tekfin

Bisnis layanan keuangan berbasis teknologi relatif masih mampu bertahan di tengah maraknnya pengurangan tenaga kerja di perusahaan rintisan. Segmen tekfin yang memiliki karakter tersendiri, memberi peluang untuk terus melakukan improvisasi. Jika dilihat secara industri, perusahaan teknologi finansial (tekfin) belum sepenuhnya mampu mendulang untung. Sampai dengan kuartal I/2022, bisnis tekfin menderita rugi sebesar Rp25,41 miliar. Tiga komponen beban terbesar di bisnis tekfin terletak pada ongkos ketenagakerjaan, pemasaran dan periklanan, serta biaya umum dan administrasi. Total ketiga komponen itu mencapai Rp1,17 triliun atau hampir 80% dari total biaya operasional tekfin yang mencapai Rp1,46 triliun. Pengeluaran dari ketiga komponen biaya itu mencapai 82% dari total pendapatan yang diperoleh tekfin senilai Rp1,41 triliun. Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Kuseryansyah mengatakan bahwa salah satu alasan model bisnis platform industri peer-to-peer (P2P) lending tahan banting karena credit gap di Indonesia masih sangat tinggi, yakni mencapai Rp1.650 triliun per tahun.

Bisnis Indonesia hlm 15